Waspada ! Ini 6 Ciri Fisik Hamil Anggur

0
26
ciri fisik hamil anggur

Kehamilan merupakan moment Bahagia bagi sebuah pasangan. Ketika dalam masa kehamilan, asupan yang dikonsumsi ibu hamil pun perlu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik. Memperbanyak buah dan sayur sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil. Makanan yang konsumsi sangat berpengaruh kepada Kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Namun, bagaimana jika kehamilan berlangsung merupakan hamil anggur? Apakah hamil anggur itu? Dan apa ciri fisik hamil anggur? Berikut ulasannya.

Hamil anggur atau dalam bahsa medis disebut Molahidatidosa ini merupakan jenis tumor jinak akibat adanya kegagalan dalam pembentukan janin. Istilah pada hamil anggur karena bentuk bentuknya seperti kantung bergumpal-gumpali seperti buah anggur. Gejala awal hamil anggur ini cenderung sama dengan kehamilan normal pada umumnya. Namun, ada beberapa ciri fisik hamil anggur yang dapat dideteksi sejak dini agar tidak menimbulkan tanda bahaya. Berikut cirinya :

Janin Tidak Aktif

ciri fisik hamil anggur

Jika biasanya usia kehamilan 5 bulan mulai ada gerakan janin yang dirasakan ibu hami, namun beda halnya pada hamil anggur. Gerakan janin tidak terasa, bahkan tidak terdeteksi detak jantungnya. Jika memasuki usia kehamilan 5 minggu detak jantung masih tidak dapat didengarkan ketika melakukan USG perlu diwaspadai. Jika terjadi hal ini biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Adanya Perdarahan

Keluarnya lendir bercampur darah atau biasa di sebut flek, umumnya normal terjadi pada awal masa kehamilan. Namun dalam kasus hamil anggur, pendarahan yang terjadi lebih banyak dan terlihat adanya gumpalan-gumpalan seperti anggur.

Perdarahan yang terjadi juga biasanya disertai dengan nyeri perut bagian bawah. Warna darah yang keluar dapat berwarna kecoklatan atau merah terang. Jika anda mendapati perdarahan seperti gumpalan-gumpalan segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

Ini Dia Efek Miom Pada Wanita Hamil

Mual muntah yang berlebihan

Mual dan muntah merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang normal. Pada kehamilan normal, mual yang terjadi umumnya terjadi pada pagi hari. Namun pada penderita hamil anggur, mual yang terjadi bisa terasa pada pagi, siang atau malam hari. Mual mual muntah yang berlebihan ini dapat menyebabkan soernag wanita lemas karena kehilangan banyak cairan dan dehidrasi. Masa keadaan ini juga bisa disebut dengan hyperemesis atau mual muntah yang berlebihan pada ibu hamil.

Perbesaran perut

ciri fisik hamil anggur

Pada hamil normal perbesaran perut yang terjadi seimbang dengan usia kehamilan, namun pada kasus hamil anggur, terlihat jika rahim mengalami perbesaran yang lebih cepat dibandingkan kehamilan normal.

Keadaan ini umunya tidak terlihat di awal kehamilan dan baru akan terlihat pada usia kehamilan memasuki trimester 2. Pembesaran perut ini biasanya terjadi pada jenis hamil anggur lengkap. Pada hamil anggur jenis parsial jarang terjadi. Jika ibu hamil merasa ada pembesaran perut tidak biasa, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter dan melakukan USG untuk memastikannya.

Preeklampsia dini

Preeklampsia atau keracunan saat kehamilan, sangat berbahaya. Selain membahayakan ibu, preeklampsia juga membahayakan janin. Namun, pada trimester 3, preeklampsia ringan biasa ter jadi pada kehamilan normal. Sedangkan pada hamil anggur preeklampsoa yang terjadi menjadi lebih awal. Pederita hamil anggur biasanya mengalami preeklampsia pada trimester 1 atau 2.

Preeklampsia ditandai dengan tekanan darah ibu yang tinggi, adanya bengkak pada tangan atau kaki dan sakit kepala. Pada pemeriksaan lan, terdapat kandungan protein yang banyak dalam urine.

Jika mengalami ciri fisik hamil anggur seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bisakah Wanita Penderita Endometriosis Hamil ?