Waktu yang Tepat untuk Makan Sayur dan Buah

0
29

Seputarherbal.com – Waktu yang Tepat untuk Makan Sayur dan Buah. Sayur dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Porsi yang dianjurkan bagi orang dewasa untuk mengonsumsi sayur dan buah adalah 400-600 gram per hari. Dari porsi tersebut, 1/3 terdiri dari buah dan 2/3 terdiri dari sayur.

Sebagian besar buah-buahan terdiri dari gula buah,yaitu fruktosa. Saat mengonsumsi buah, mulut akan menghasilkan enzim yang berkerja untuk memecah karbohidrat agar lebih mudah dicerna. Selanjutnya, enzim tersebut berhenti dalam memecah karbohidrat akibat lingkungan yang bersifat terlalu asam. Kemudian proses ini akan berlanjut di usus halus untuk menghasilkan komponen yang lebih sederhana agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Sedangkan, sayuran memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Masing-masing kandungan tersebut akan menjalani proses yang berbeda-beda dengan enzim yang berbeda-beda pula. Selain itu, kandungan serat pada sayur yang sangat tinggi membuat sayur membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna daripada buah.

Jadi kapan saja waktu yang tepat untuk makan sayur dan buah? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Beberapa Jam Sebelum Olahraga

Perlu Anda ketahui, jika hendak berolahraga sebaiknya Anda tidak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi serat. Pasalnya, serat akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh.

Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur sekitar 2-3 jam sebelum olahraga. Jika tidak, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang rendah serat seperti tomat, pisang, dan bayam. Anda juga dapat mengolahnya menjadi smoothies agar lebih mudah dicerna.

Baca Juga : Menu Diet Sehat

  • Beberapa Jam Sebelum Tidur

Mungkin Anda kerap mengonsumsi buah atau sayur tepat sebelum tidur. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak disarankan. Hal ini disebabkan karena, tubuh akan bekerja menghasilkan insulin untuk menjaga kestabilan gula darah yang naik setelah mengonsumsi karbohidrat.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayur 3 jam sebelum tidur, agar tubuh dapat beristirahan secara optimal.

  • Saat Makan Siang

Mengonsumsi sayur dan buah saat makan siang juga sangat dianjurkan. Maka dari itu, Jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah kedalam menu makan siang Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan buah dan sayur sebagai salad untuk makan siang.

Harga Obat Tumor Herbal Terampuh Diskon Hingga 15%