Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Minum Air

0
28

Seputarherbal.com – Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, maka Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat di kehiupan sehari-hari. Mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup merupakan kunci dari hidup sehat. Selain itu, pastikan juga Anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih secara rutin. Tak hanya untuk menghilangkan haus dan mencegah dehidrasi, namun cairan dalam tubuh manusia juga berguna sebagai penunjang fungsi tubuh untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Lalu kapan saja waktu minum air putih yang tepat?

Secara umum, setiap orang harus minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Namun, jika Anda memiliki aktivitas yang sangat padat dan berat kebutuhan cairan bisa lebih daripada yang dianjurkan. Agar kebutuhan cairan terpenuhi, berikut ini waktu yang tepat untuk minum air :

  • Dua Gelas di Pagi Hari

Salah satu waktu yang tepat untuk minum air adalah ketika bangun tidur di pagi hari. Pasalnya, saat tidur sepanjang malam tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka dari itu, Anda harus mengisi cairan tubuh yang hilang. Minum dua gelas air putih di pagi hari juga dapat membantu metabolisme dan membuang racun di dalam tubuh.

Baca Juga : Dehidrasi : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

  • Sebelum Mandi

Selanjutnya, waktu yang tepat untuk minum air putih adalah sebelum mandi. Pasalnya, mengonsumsi segelas air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah saat mandi, sehingga membuat tekanan darah Anda turun. Mengonsumsi air putih sebelum mandi juga dapat membantu mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga efektif dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  • Sebelum dan Setelah Makan

Minum segelas  air putih 30 menit sebelum makan akan sangat membantu pencernaan Anda agar dapat bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih tepat sebelum makan justru dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya kurang efektif dalam bekerja. Terlalu banyak minum sebelum makan juga dapat menganggu sistem pencernaan akibat kadar asam alami dan empedu yang diperlukan untuk mencerna makanan terganggu keseimbangannya.

  • Sebelum dan Setelah Olahraga

Minum air putih sebelum dan setelah berolahraga dapat mencegah tubuh Anda dari kelelahan. Selain itu, minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh.

  • Sebelum Tidur

Minum segelas air putih sebelum tidur sangat penting untuk mengisi kembali cairan yang hilang setelah seharian beraktivitas, serta dapat membuang racun di dalam tubuh. Minum air putih sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Obat Kanker Tanpa Operasi | Beli Online Via Tokopedia