Kenali Penyebab dan Gejala Tumor Rahim

0
171

Seputarherbal.com – Tumor rahim atau yang juga dikenal dengan fibroid rahim merupakan suatu kondisi di mana sel-sel otot rahim tumbuh dengan tidak normal di lapisan dinding rahim. Umumnya, fibroid rahim merupakan jenis tumor yang tidak bersifat ganas (non-kanker). Namun, adanya tumor di rahim kerap membuat wanita khawatir, terutama bagi wanita yang sedang hamil maupun wanita yang berencana hamil.

Dalam istilah medis, fibroid rahim dikenal dengan istilah leiomioma atau miom. Dalam sebagian besar kasus, fibroid rahim bersifat jinak dan tidak berpotensi menjadi kanker. Miom bisa tumbuh menjadi satu tumor dan bisa juga tumbuh dalam jumlah yang lebih banyak di rahim. Selain itu, tumor pun memiliki ukuran yang beragam, mulai dari sebesar biji-bijian hingga sangat besar.

Penyebab Fibroid Rahim

Sebenarnya, hingga saat ini para ahli belum mengetahui penyebab fibroid rahim secara pasti. Namun, kondisi ini diduga dapat disebabkan oleh faktor hormon atau faktor genetik (turunan).

Kondisi lingkungan juga dipercaya dapat memberikan dampak pada pertumbuhan tumor. Hal ini disebabkan karena sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa bahan kimia yang tersebar di lingkungan sekitar dapat memicu terjadinya gangguan hormon estrogen pada wanita. Hormon ini dapat membuka peluang untuk pertumbuhan tumor, salah satunya fibroid rahim.

Umumnya, penyakit ini menyerang waita berusia 40 sampai 50 tahu, dan jarang ditemukan pada wanita di usia muda. Meski begitu, bukan berarti wanita di usia muda bisa merasa bebas begitu saja dari serangan fibroid rahim. Pasalnya, wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena fibroid rahim, daripada wanita yang memiliki berat badan ideal.

Baca Juga : Benjolan Tumor Rahim Hilang Setelah Konsumsi Obat Tradisional Tumor Rahim Ling Shen Yao

Gejala Fibroid Rahim

Pada dasarnya fibroid atau fibroid rahim jinak bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali. Oleh sebab itu, banyak penderita fibroid rahim yang tidak menyadari bahwa Ia mengalami kondisi tersebut.

Namun, jika kondisi ini menimbulkan gejala, maka dapat berupa menstruasi berkepanjangan (lebih dari 7 hari) disertai dengan pendarahan yang banyak, terasa nyeri pada rongga panggul atau di bawah pusar, buang air kecil lebih sering, pendarahan lewat vagina, susah buang air besar (sembelit), nyeri punggung, nyeri kaki, perut terasa kembung, dan nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Fibroid juga dapat membuat perut terlihat membeasr atau membengkak. Hal ini disebabkan karena fibroid ikut menekan usus besar atau rektum. Hal ini juga yang menyebabkan penderita menjadi sulit buang air besar atau bahkan mengalami sembelit.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-rahim/