Gejala Kanker Mata pada Anak yang Perlu Diwaspadai

0
19

Tumor Mata pada Anak

Seputarherbal.com – Kanker retina mata atau yang memiliki nama lain retinoblastoma, merupakan salah satu jenis kanker mata yang menyerang retina, yaitu jaringan saraf yang terletak di belakang bola mata. Penyakit ini merupakan kanker mata yang lebih spesifik, yaitu terjadi pada anak-anak terutama dengan usia dibawah 5 tahun. Gejala yang paling terkenal dan dapat diwaspadai dari penyakit retinoblastoma ini, adalah mata kucing. Kanker mata yang menyerang anak ini, dapat menyerang sebelah atau sepasang mata sekaligus. Meskipun begitu, kebanyakan kasus yang terjadi hanya pada sebelah mata saja. Lalu apa saja gejala kanker mata pada anak? Simak penjelasan di bawah ini!

Berikut gejala kanker mata pada anak, yang perlu Anda ketahui :

  • Pupil Mata Berwarna Putih

Pupil mata yang berwarna putih merupakan gejala paling umum dari kanker mata pada anak. Dalam kondisi yang normal, pupil (lingkarang di tengah mata) akan berwarna merah ketika diterangi oleh cahaya, yang disebabkan oleh adanya pembuluh darah di belakang mata. Akan tetapi, pada anak yang menderita kanker mata, pupil berwarna merah muda bahkan cenderung putih. Hal tersebut disebabkan karena, pupil bersifat tembus cahaya sehingga kanker yang terdapat pada mata akan terlihat dengan jelas.

  • Penglihatan Memburuk

Kanker mata pada anak dapat ditandai dengan penglihatan yang semakil memburuk. Anak yang mengidap retinoblastoma mungkin akan mengeluhkan kondisi penglihatannya yang tidak lagi sebaik dulu. Penderita akan mulai kehilangan fokus ketika melihat suatu objek, hingga tidak mampu mengendalikan gerakan mata. Gerakan mata biasanya akan sulit utnuk dikendalikan apabila penyakit ini menyerang kedua mata.

Baca Juga : Gejala tipes Pada Anak

  • Mata Merah

Anda sebaiknya berhati-hati apabila mata anak Anda berwarna kemerahan. Pasalnya, kondisi tersebut belum tentu merupakan gejala sakit mata biasa, melainkan gejala retinoblastoma. Kemerahan pada retinoblastoma tidak selalu disertai dengan rasa sakit ataupun perih, melainkan merasakan mata dalam kondisi sehat hanya saja terlihat kemerahan.

  • Mata Juling

mata juling (strabismus) merupakan suatu kondisi, dimana kedua bola mata bergerak ke arah yang berlawanan atau tidak mengarah pada titik yang sama pada saat bersamaan. Salah satu mata dapat mengarah kedalam atau keluar dan tidak terkendali. Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus maka dapat mengakibatkan mata malas (gangguan penglihatan) yang disebabkan karena saraf pada mata dan juga otak tidak dapat bekerja dengan baik.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kanker/