Tumor Jinak Tumbuh Ditangan

0
130
tumor jinak ditangan

Seputarherbal.com – Tumor jinak ditangan di kenal dengan nama Ganglion (kista gangllion). Penyakit ini pada umumunya ditemukan di bagian atas pergelangan tangan,bagian atas sendi ujung jari, sisi telapak pergelangan tangan, dan pangkal jari di sisi telapak tangan. Ganglion terjadi akibat pembengkakan pada jaringan yang menghubungkan otot ke tulang.

Kista ganglion ini bentuknya seperti benjolan yang isinya cairan dan berstektur kental seperti gel. Ukuran nyapun bisa beragam, mulai dari sebesar kacang polong sampai sebesar bola golf. Kista ini tidak  menyebar kedaerah lainnya dan benjolan pun dapat menghilang dengan sendirinya meskipun prosesnya bisa bertahun-tahun. Namun jika di biarkan tetap saja akan menyakitkan, apalagi bila benjolan tersebut tertekan. Bahkan kista ini bisa menyebabkan mati rasa dan mengganggu pada kekuatan genggaman tangan.

Penyebab munculnya kista ganglion memang belum pasti diketahui karena apa, benjolan muncul begitu saja dan sepertinya muncul ketika pe;umas sendi bocor kemudian menggenang di dalam kantung. Sebuah teori menduga bahwa trauma dapat menyebabkan jaringan sendi menjadi pecah kemudian membentu kista-kista kecil dan menyatu membentuk sebuah masa yang lebih besar.

Ada pun beberapa faktor lainnya yang dapat membuat orang bisa terkena ganglion :

  • Ganglion dapat menyerang siapa saja dan tidak pandang usia maupun jenis kelamin. Tetapi  yang paling sering terkena ganglion biasanya pada wanita yang berusia 20 sampai 30 tahunan.
  • Pernah cedera sendi , sehinngga memungkinkan  kista untuk berkembang.
  • Terlau sering menggunakan sendi, khususnya pada wanita yang suka senam. Akibatnya sendi aus karena penggunaan yang berlebih.
  • Bagi orang yang memiliki penyakit rematik arthitis akan berisiko tinggi untuk terkena kista. Karena  terdapat cedera pada persendian jari yang mengakibatkan timbulnya kista.

Biasanya jika kista menyebabkan rasa sakit atau membatasi gerak sendi, maka ada dua pilihan pengobatan yaitu :

  1. Aspirasi : ini adalah proses pengeluaran cairan , yang dilakukan dengan menggunakan jarum suntik
  2. Operasi pengangkatan kista : Prosedur bedah ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan kista ganglion atau tumor jinak pada tangan. Walaupun cara ini terbilang sukses tapi bisa saja kista muncul kembali.

https://lingshenyao.id/kanker-ganas-di-punggung/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here