Berbagai Tips Merawat Bayi Untuk Pemula

0
70
43145396 - happy mother with smiling baby boy

Seputarherbal.com – Merawat bayi yang baru dilahirkan kerap menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua terutama untuk ibu muda. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan perhatian khusus, berikut beberapa tips merawat bayi untuk ibu muda :

Memberi Susu

Biasanya bayi diberi susu setiap 8-15 kali kali sehari, hal ini disebabkan karena bayi memiliki ukuran lambung yang kecil sehingga anda harus memberi susu dalam jumlah sedikit namun sering. Tangisan bayi yang keras ataupun mengisap tangan merupakan beberapa tanda saatnya anda memberi susu pada bayi anda.

Selain itu, waktu bayi tertidur juga cukup lama dan jika hal ini terjadi anda perlu membangunkannya dan memberinya susu. Usahakan ia tetap terjaga selama menyusu.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Mengganti Popok

Mengganti poppok merupakan hal yang sering dilakukan dalam sehari, hal ini disebabkan oleh bayi yang sering buang air besar setelah menyusui, anda mungkin bisa menggantikan popok bayi sampai 10 kali sehari, tergantung seberapa banyak asupan yang bayi terima.

Warna dan tekstur kotoran bayi juga perlu diperhatikan. bayi yang baru lahir akan memiliki kotoran berwarna hitam kehijauan dan lengket, Kemudian bayi yang baru lahir memiliki tekstur kotoran yang lembek, anda harus waspada ketika teksturnya menjadi cair, hal ini merupakan tanda bahwa bayi terkena diare, jika anda mendapati tanda-tanda tersebut anda perlu membawa bayi anda ke dokter untukdiperiksa lebih lanjut.

Menjaga Kebersihan dan Keamanan Bayi

Disaat anda akan memegang dan menggendong bayi hendaknya kita mencuci tangan untuk menjaga kebersihan agar bayi anda terhindar dari virus dan kuman. Perhatikan juga leher dan kepala bayi ketika anda menggendongnya. Dianjurkan untuk tidak mengguncang bayi ketika membangunkan ataupun menenangkannya, karena akan menyebabkan pendarahan otak pada bayi.

Memandikan Bayi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memandikan bayi. Bayi yang belum copot tali pusatnya dianjurkan untuk tidak dimandikan, cukup menyekanya dengan waslap, jangan terlalu sering memandikan bayi karena akan menyebabkan kulit bayi kering, hindari memandikan bayi setelah memberinya asi, hal ini bisa menyebabkan bayi muntah karena peerutnya tertekan, dan gunakan sabun dan shampo yang cocok untuk bayi agar tidak terjadi iritasi sebab bayi memiliki kulit yang sensitif.

Baca Juga : Obat Kista Alami dari tumbuhan

Waktu Tidur Bayi

Umumnya bayi tertidur hingga 16-18 jam perhari, ketika usia bayi mencapai 6 bulan sebagian besar bayi akan tidur 6 jam di malam hari. Usahakan agar bayi tidak terbangun di malam hari. Salah satu caranya adalah membiarkan bayi beraktivitas pada siang hari dan akan tidur lebih lama dimalam hari.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami-tanpa-operasi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here