Tips Menyegarkan Wajah Agar tidak Kusam

0
330

Seputarherbal.com – Rutinitas yang padat, paparan sinar matahari, kurang tidur, stres dan polusi akan berdampak pada kesehatan kulit Anda. Hal tersebut disebabkan karena,meningkatnya hormon stres, kelelahan dan menumpuknya radikal bebas. Akibatnya, kulit wajah pun akan terlihat lelah dan kusam. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat membuat kulit berkerut. Tentunya Anda tidak mau kan, kalau kulit wajah Anda keriput dini? Kulit kusam juga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara menyegarkan wajah agar tidak kusam. Simak sampai selesai ya..!

  • Cuci Muka

Sesibuk dan seleha apapun Anda, jangan sampai lupa untuk mencuci muka. Ya! cara alami dan mudah untuk menyegarkan wajah yang kusam adalah dengan cara mencuci muka. Anda dapat menggunakan produk pembersih muka yang berbahan lembut agar kulit anda tidak iritasi. Mencuci muka cukup dilakukan 1 sampai 2 kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur dan selesai beraktivitas. Mencuci muka lebih dari 2 kali dikhawatirkan akan membuat kulit Anda menjadi kering akibat hilangnya kelembapan alami pada kulit wajah.

  • Selalu Gunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari merupakan salah satu pemicu utama penyebab kulit kusam hingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Maka dari itu, untuk menghindari efek buruk sinar matahari, gunakanlah sunscreen atau tabir surya pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari secara langsung, sebelum Anda beraktivitas.

  • Selalu Gunakan Pelembap

Selain sunscreen, pelembap (moisturizer) juga memiliki peran penting untuk membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan cerah. Pelembap memiliki kandungan yang dapat membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah seketika. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan serum yang memiliki kandungan vitamin C agar kulit wajah bebas dari kusam dan terlihat cerah.

  • Rutin Melakukan Eksfoliasi pada Wajah

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah, tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan sabun muka. Untuk mengangkat sel kulit mati di wajah, anda perlu melakukan eksfolisasi, salah satunya dengan menggunakan scrub. Scrub dapat membersihkan kulit wajah Anda lebih dalam lagi, sehingga sel-sel kulit mati terangkat dengan mudah dan kulit wajah pun akan terlihat lebih cerah dan segar. Akan tetapi, eksfoliasi wajah tidak dapat Anda lakukan setiap hari, karena akan membuat kulit wajah Anda tipis dan iritasi. Cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  • Rajin Menggunakan Masker

Menggunakan masker dapat membantu menutrisi kembali kulit wajah anda. Anda dapat menggunakan masker alami seperti lemon, timun, madu, yoghurt, pepaya dan tomat untuk membuat kulit wajah tampak lebih segar dan cerah. Selain itu, anda dapat menggunakan sheet mask atau masker yang berbentuk krim.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Sendiri

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kista/