Berikut Tips Mengatasi Maag saat Hamil

0
51

Seputarherbal.com – Sekitar 60 sampai 80 persen Ibu hamil mengalami maag. Maag pada Ibu hamil bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas serta mual dan muntah yang menyebabkan Ibu hamil menjadi tidak nafsu makan. Selain itu, hormon estrogen yang terdapat dalam tubuh Ibu hamil juga memicu naiknya asam lambung. Hormon estrogen merupakan hormon yang berperan dalam membangun lapisan dinding rahim yang berfungsi untuk menjaga plasenta dalam rahim. Namu, hormon ini juga yang menyebabkan sakit maag akibat dari efek samping yang ditimbulkan.

Nafsu makan ibu hamil hilang akibat mual dan muntah. kondisi tersebut biasanya terjadi pada trimester pertama dalam masa kehamilan. Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon Chorionic Gonadotropin yang menstimulasi indung telur (ovarium) untuk menghasilkan estrogen, sehingga terjadilah mual-mual yang menyebabkan Ibu hamil tidak nafsu makan. Pada akhirnya meningkatlah produksi asam lambung yang diakibatkan oleh perut kosong.

Lalu bagaimana tips mengatasi maag saat hamil? Baca artikel ini sampai selesai ya..!

Tips Mengatasi Maag saat Hamil

  • Hindari Perut Kosong

Bagi anda Ibu hamil, Anda jangan sampai membiarkan perut Anda kosong. Tips nya adalah, makanlah sedikit-sedikit tapi sering. Hal tersebut dapat menjaga asam lambung agar tidak naik dan mencegah Ibu hamil dari kelaparan.

  • Hindari Makanan Pedas Dan Berlemak

Makan yang pedas dan berlemak merupakan pemicu asam lambung naik. Bagi penderita maag, anda harus mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut. Terutama untuk Ibu hamil, anda harus menghindari makanan pedas dan berlemak tinggi.

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Maag

  • Berhenti Merokok

Bukan hanya pria, wanita pun ada yang gemar merokok. Tapi, apabila Anda wanita yang sedang hamil, maka berhentilah merokok. Rokok dapat menyebabkan asam lambung naik, dan berbahaya untuk kesehatan janin. Risiko terbesar apabila Anda merokok di saat hamil adalah keguguran.

  • Posisi saat Sedang Makan harus Benar

Jika Anda tengah hamil, hindarilah bersandar dan membungkuk saat makan. Posisi duduk seperti itu, akan mempermudah meningkatnya asam lambung. Jadi, makanlah dengan posisi yang benar (duduk tegak).

https://lingshenyao.id/obat-tumor-jinak/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here