Tips Bebas Ngantuk saat Mengemudi

0
34

Seputarherbal.com – Tips Bebas Ngantuk saat Nyetir. Selain mengemudi dibawah pengaruh alkohol, mengemudi dalam keadaan mengantuk pun tak kalah berbahaya. Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang ngantuk. Mengemudi mobil ataupun motor dalam keadaan mengantuk dapat berujung dengan kematian. Meskipun banyak orang yang mengetahui bahaya tersebut, namun masih banyak pengemudi yang rela menahan kantuk demi cepat sampai ke tempat tujuan, terutama saat mudik.

Ketika mengemudi, memang sulit membedakan rasa kantuk dan rasa lelah. Biasanya seseorang baru mengetahuinya ketika sudah kehilangan kesadaran dan tertidur di balik kemudi selama beberapa detik. Maka dari itu, berikut ini kami akan memberikan tips agar tidak ngantuk saat mengemudi :

  • Minta Ditemani saat Mengemudi

Jika Anda mengemudi dengan menempuh jarak yang cukup jauh, maka sebisa mungkin hindarilah mengemudi seorang diri. Ajak teman atau beberapa anggota keluarga Anda agar bisa menemani Anda selama di perjalanan. Dengan begitu, Anda dapat mencegah rasa ngantuk dengan mengobrol dengan teman mengemudi Anda. Orang yang menemani Anda juga dapat menjadi pengingat ketika Anda mulai terlihat ngantuk atau hampir tertidur. Akan lebih baik lagi jika teman Anda bersedia untuk menggantikan Anda mengemudi.

  • Jangan Minum Obat dan Alkohol saat Hendak Mengemudi

Jika Anda akan mengemudi, sebaiknya hindari dulu konsumsi obat-obatan dan alkohol. Pasalnya, obat-obatan dan alkohol dapat memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan Anda. Sebisa mungkin, hindari konsumsi obat anti mabuk, obat masuk angin, atau obat-obatan lainnya yang dapat memberi efek nantuk. Jika Anda harus mengonsumsi obat-obatan tertentu yang diberikan oleh dokter, sebaiknya Anda jangan dulu mengemudi, baik itu mengemudi motor ataupun mobil hingga masa pengobatan Anda berakhir.

  • Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu menjaga kesadaran Anda. Maka dari itu, jika Anda merasa tubuh dan mata Anda sudah benar-benar lelah, Anda dapat minum kopi atau mengonsumsi permen kopi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira satu jam untuk memberikan efek “tidak ngantuk” tersebut. Selain itu, jika Anda terbiasa minum kopi sehari-harinya, mungkin satu cangkir kopi saja tidak akan cukup untuk Anda.

Baca Juga : Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Kopi

  • Beristirahat Setiap Dua Jam Sekali

Lelah dan nagntuk selama menyetir dalam perjalanan panjang memang merupakan hal yang sangat wajar. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda beristirahat tiap dua jam untuk melakukan peregangan otot ataupun tidur dalam beberapa saat. Hal tersebut dapat membantu Anda agar tidak cepat lelah dan tidak mudah mengantuk saat mengemudi. Meskipun Anda sedang tidak mengantuk ataupun lelah, usahakan untuk tetap beristirahat setiap dua jam sekali.

Obat Cina Untuk Kista Terbaik & Teregistrasi BPOM