Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Bayi Berkeringat

0
31

Seputarherbal.com – Telapak kaki berkeringat pada bayi? Sebaiknya Anda jangan panik dulu. Banyaknya jumlah keringat pada tangan dan kaki bayi merupakan akibat keringat berlebih yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal tersebut memang merupakan suatu kondisi yang tidak wajar dan bisa jadi merupakan tanda adanya suatu penyakit. Maka dari itu, penting untuk Anda, khususnya para Ibu untuk mengetahui penyebab banyaknya keringat pada kaki dan tangan bayi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan bayi berkeringat dalam jumlah berlebih :

Proses Metabolisme dalam Tubuh Bayi

Faktanya, pada telapak kaki dan tangan terdapat banyak kelenjar keringat, yang mana akan menyebabkan tangan atau kaki bayi berkeringat banyak bahkan ketika bayi Anda sedang tidur sekalipun. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut menunjukan bahwa, kelenjar keringat pada bayi berfungsi dengan baik. Selain itu, faktor cuaca, terbuangnya zat beracun dan sisa-sisa garam juga dari dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab banyaknya keringat yang keluar dari tubuh bayi Anda.

Metabolisme pada tubuh bayi yang sedang mencerna makanan berguna untuk memproduksi protein agar bayi Anda memperoleh tenaga, sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas jika banyak keringat yang keluar dari tubuh bayi Anda.

Merupakan Tanda Adanya Penyakit

Keringat berlebih pada bayi juga bisa jadi tanda adanya sebuah penyakit. Apabila keringat berlebih sering terjadi atau pada kondisi yang tidak wajar, seperti ketika cuaca sedang dingin akan tetapi bayi Anda berkeringat pada telapak tangan dan kakinya. Maka Anda harus waspada akan kondisi tersebut. Pada dasarnya keringat di telapak tangan atau kaki bayi yang berlebihan tidak menyebabkan masalah yang serius selama bayi Anda masih bisa tidur dengan nyenyak dan nafsu makannya baik. Hal tersebut menunjukan bahwa keringat tersebut tidak menganggu perkembangan buah hati Anda.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Mata pada Bayi

Akan tetapi lain halnya apabila bayi berkeringat banyak disertai rewel dan terus-terusan menangis juga pola makannya yang tidak bagus. Anda sebaiknya segera memeriksa bayi Anda ke dokter, karena bisa jadi hal tersebut menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda terganggu. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang yang dapat dialami bayi ketika sering berkeringat :

  • Hiperhidrosis

Hiperhidrosis merupakan suatu penyakit yang dapat memicu banyaknya keringat yang keluar dari tubuh bayi, yang disebabkan oleh diabetes melitus, kanker atau kelainan pada kelenjar getah bening.

  • Alergi

Banyaknya keringat yang terdapat pada telapak tangan dan kaki bayi juga dapat disebabkan oleh alergi.

Obat Herbal Miom: Inilah Penyebab Mioma Uteri