Tanda Pembukaan Pertama yang Perlu Diketahui

0
17

Seputarherbal.com – Tanda Persalinan Tanpa Flek. Bagi Ibu hamil, proses persalinan merupakan hal yang menegangkan sekaligus ditunggu-tunggu. Pada umumnya, proses persalinan akan mengalami tanda-tanda yang serupa. Proses ini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi setiap wanita yang pernah melahirkan.

Setiap Ibu tentunya mengharapkan seluruh tahap dalam proses persalinan berjalan dengan lancar, serta bayi yang dilahirkan berada dalam keadaan sehat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Tanda melahirkan dalam pembukaan pertama merupakan fase yang menjadi pengingat bagi Ibu hamil agar dapat bersiap menjelang waktu kelahiran bayi. Berikut ini beberapa tanda melahirkan pembukaan pertama yang perlu Anda ketahui :
  • Perut Terasa Mulas

Tanda pertama dan yang paling umum adalah perut terasa mulas, terutama pada bagian bawah perut. Rasa mulas ini bisa datang, menghilang, kemudian datang kembali. Meskipun begitu, mulas yang dirasakan cenderung ringan. Pasalnya, rasa mulas pada pembukaan pertama tidak begitu parah jika dibandingkan dengan pembukaan 5 dan seterusnya.
Jika Anda mulai merasa mulas,maka hal tersebut merupakan pertanda jika Anda sedang mengalami pembukaan pertama.
  • Keluar Flek (Bercak)

Selain rasa mulas, tanda pembukaan pertama lainnya yang juga paling umum adalah munculnya flek (bercak) lendir bewarna coklat kemerahan yang menempel di pakaian dalam Ibu hamil. Bercak ini merupakan lendir yang berasal dari jalan rahim.
Kondisi ini jarang disadari Ibu hamil sebagai tanda awal menjelang persalinan. Pasalnya, lendir yang keluar ini sangat sedikit dan terkadang keluar bersamaan ketika sedang buang air. Maka dari itu, apabila Anda melihat bercak lendir tersebut jangan dulu panik. Para Ibu yang mengalami kondisi ini tetap dalat melakukan kegiatan di rumah seperti biasanya.
  • Mengalami Kontraksi Ringan

Tahap persalinan pembukaan satu juga ditandai dengan adanya kontraksi ringan. Pembukaan pertama ini merupakan tanda bahwa jalan lahir sudah terbuka sekitar 1 cm. Pada kondisi ini,kontraksi ringan yang dialami bisa datang dan pergi. Bahkan, ritmenya pun tidak beraturan.
Selain itu, yang perlu Ibu hamil ingat adalah, ketika sudah memasuki usia kehamilan besar dan mendekati waktu persalinan, maka sebaiknya Ibu hamil memperhatikan kontraksi ringan yang dialami. Pasalnya, hal tersebut sudah masuk pada pembukaan satu.
  • Nyeri Pinggang

Tanda persalinan pembukaan satu yang lainnya adalah rasa nyeri di area pinggang. Rasa nyeri ini akan bertambah kuat seiring jalan pembukaan bertambah, terutama setelah pembukaan 5 keatas. Kondisi inilah yang membuat para Ibu harus berjuang dan bertahan demi melahirkan sang buah hati.