6 Tanaman Herbal untuk Kista Ginjal

0
20

Seputarherbal.com – Kista ginjal adalah kondisi di mana ginjal mengalami masalah yang disebabkan munculnya kista atau kantung berisi cairan di dalam jaringan ginjal. Kondisi ini juga dapat terjadi pada salah satu atau kedua ginjal. Saat ini ada beberapa metode penanganan kista ginjal, salah satunya cara tradisional dengan memanfaatkan tanaman herbal. Lantas, apa saja tanaman hebal untuk kista ginjal? Simak ulasan berikut.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui, penyebab utama terbentuknya kista ginjal sendiri sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat memengaruhi terbentuknya kista pada ginjal. Kista ginjal umumnya bersifat jinak dan tidak berbahaya, juga jarang menimbulkan gejala.

Pengidap kista ginjal umumnya baru mengetahui kondisinya saat menjalani pemeriksaan untuk keperluan medical check up. Hal ini disebabkan karena penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, kista ginjal yang tidak menimbulkan gejala pun sebenarnya tidak perlu ditangani secara khusus.

Gejala Kista Ginjal

Kista ginjal sering kali tidak menimbulkan gejala yang spesifik, sehingga keberadaannya pun sering kali tidak diketahui oleh pengidapnya. Namun, ketika kista tumbuh dalam ukuran yang cukup besar dan menekan organ disekitarnya, maka dapat menimbulkan beberapa gejala, antara lain :

  • Frekuensi buang air kecil lebih banyak atau beser.
  • Urin berwarna lebih gelap, bahkan dapat mengandung darah.
  • Nyeri pada ulu hati.
  • Nyeri pada punggung bawah atau pinggang, dan akan semakin parah ketika kistaginjal tersebut
  • Pembengkakan di bagian perut.

Penyebab Kista Ginjal

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penyebab munculnya kista masih belum diketahui secara pasti. Namun, berbeda dengan penyakit ginjal polikistik yang umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, kista ginjal diduga terjadi akibat lapisan permukaan ginjal melemah dan membentuk kantong, di mana kantong tersebut terisi cairan hingga terlepas dan menjadi kista.

Selain itu, kista gunjal juga lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan pada perempuan. Faktor usia (yakni diatas 50 tahun) dan penyakit diabetes juga menjadi faktor risiko munculnya kista.

Apakah kista ginjal berbahaya?

Kista ginjal bukanlah penyakit yang berbahaya, bahkan kista ginjal juga sering kali tidak menimbulkan gejala. Meski demikian, kondisi ini harus segera dikonsultasikan ke dokter , terutama jika Anda merasa kondisi-kondisi yang diduga merupajan gejala kista ginjal. Hal ini betujuan untuk memantau perkembangan kista serta mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi atau kemungkinan lain yang berbahaya.

Jika terdapat kista ginjal, pasien harus kontrol secara rutin ke dokter ginjal untuk memantau ukuran kista, apakah kista itu mengecil, tetap, atau berkembang.

Diagnosis Kista Ginjal

Kista ginjal dapat terlihat melalui pemindaian dengan USG ginjal. Akan tetapi, dokter juga akan melakukan pemindaian dengan CT scan atau MRI untuk dapat melihat kondisi ginjal yang lebih detail.

Melalui pemindaian tersebut, dokter dapat memastikan tingkat keparahan kista ginjal pasien dengan melihat apakah dinding kista mengalami pengapuran atau tidak. Melalui pemindaian ini, dapat diketahui juga jumlah dan ukuran kista ginjal yang dimiliki pasien.

Selain pemindaian di atas, pasien juga dapat menjalani pemeriksaan tambahan yang bertujuan untuk mengetahui fungsi ginjal, apakah mengalami gangguan atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel darah dan urin pasien untuk diperiksa di laboratorium.

Serangkaian pemeriksaan tersebut membantu dokter untuk menentukan apakah pasien perlu menjalani pengobatan kista ginjal atau tidak.

Pengobatan Kista Ginjal

Pengobatan kista ginjal dapat berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan kista ginjal yang dimiliki pasien. Jika ukuran kista ginjal cenderung kecil dan hanya satu, biasanya dokter tidak akan memberikan penanganan khusus, sebab kondisi ini dapat menghilang dengan sendirinya atau menetap tanpa menimbulkan masalah. Namun, jika kista ginjal menimbulkan gejala yang mengganggu dan harus segera diobati, maka beberapa pilihan pengobatan ini dapat dilakukan :

  • Scleotherapy

Schleotherapy dilakukan saat kista menimbulkan gejala. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan jarum tipis panjang untuk mengeringkan cairan kista. Cairan di dalam kista akan dikeluarkan dan kemudian rongga kista akan diisi dengan alkohol guna mencegah kista terbentuk kembali.

  • Operasi

Selain scleotherapy , tindakan operasi juga dapat dilakukan jika ada kista berukuran besar di ginjal dan menimbulkan gejala. Operasi kista ginjal dilakukan dengan memberi sayatan pada kulit untuk mengeluarkan cairan yang terdapat dalam kista. Setelah itu, dinding ginjal yang ditumbuhi kista akan dipotong atau dibakar.

Komplikasi Kista Ginjal

Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang dapat muncul akibat kista ginjal, yaitu :

  • Kista pecah

Kista ginjal pecah juga harus diwaspadai sebab dapat menimbulkan gejala. Pasalnya, kista pecah dapat menyebabkan nyeri yangluar biasa serta terjadinya infeksi.

  • Infeksi pada kista

Kista di ginjal juga dapat mengalami infeksi, sehingga pengidapnya dapat mengalami nyeri dan demam.

  • Gangguan buang air kecil

Kista ginjal yang berukuran cukup besar juga dapat menyumbat saluran kemih, sehingga pengidapnya dapat mengalami kesulitan buang air kecil dan mengalami pembengkakan pada ginjal (hidronerfosis).

  • Gagal ginjal

Pada dasarnya, ginjal memiliki fungsi untuk membersihkan limbah di dalam tubuh, serta menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia yang ada di dalam tubuh. Jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka fungsi ginjal telah rusak, sehingga limbah dan cairan tertimbun di dalam tubuh.

Tanaman Herbal untuk Kista Ginjal

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu pengobatan kista ginjal :

  1. Mahkota dewa
  2. Jahe merah
  3. Kunyit putih
  4. Daun sirsak
  5. Kulit manggis
  6. Bunga rosella

Anda juga dapat menggunakan madu untuk mengolah tanaman herbal di atas untuk dijadikan obat kista.

Baca Juga : Tips Cara Mencegah Penyakit Kista

https://lingshenyao.id/obat-cina-kanker/