Tahapan Dalam Penyakit Asam Urat yang Perlu Anda Ketahui

0
66

Seputarherbal.com – Asam urat adalah sejenis penyakit yang terjadi diarea persendian. Hal ini ditandai dengan terjadinya pembengkakan, peradangan dan rasa nyeri juga panas pada area sendi. Bagian yang paling sering terkena asam urat adalah jari tangan, jari kaki, lutut, siku, dan pergelangan kaki. Penyakit asam urat ini juga memiliki beberapa tahapan berdasarkan tingkat keparahannya. Berikut tahapan penyakit asam urat yang perlu diketahui :

  • Hiperurisemia Asimptomatik

Tahap ini merupakan tahapan awal dari penyakit asam urat. Meski kadar asam urat yang terdapat didalam tubuh sudah cukup tinggi, akan tetapi penderita tidak merasakan gejala asam urat. Penanganan yang serius tidak perlu dilakukan pada tahap ini.

  • Asam Urat Akut

Pada tahap kedua ini, kristal asam urat telah menumpuk didalam sendi dan kemudian mengendap menyebabkan rasa nyeri serta bengkak dan kemerahan. Gejala asam urat berlangsung selama 30 hari, gejala ini berkembanng dengan pesat dan sakit yang intens dirasakan selama 6 sampai 24 jam, lalu setelah itu sendi mulai terasa normal kembali dan rasa sakit mulai mereda. Pada atahap ini mulai diperlukan penanganan yang lebih serius.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat yang Efektif (Rheumapas)

  • Asam Urat Interritical

Tahapan selanjutnya dalam asam urat adalah asam urat interritical. Pada tahap ini penderita tidak lagi merasakan gejala asam urat dan sendi pun terasa normal. Namun pada kenyataannya, kristal asam urat masih terus menumpuk di sendi.

  • Asam Urat Kronis

Tahapan asam urat kronis merupakan tahapan terakhir dari penyakit asam urat. Pada tahapan ini kondisi sendi semakin parah. Tak hanya itu, terdapat pula kerusakan tulang rawan dan tulang sendi secara permanen. Untuk mencegah kondisi asam urat kronis anda dapat konsultasi ke dokter dan melakukan pola hidup sehat.

Asam urat disebabkan oleh beberapa faktor.Seperti stres, tidak menjaga pola makan, sering mengkonsumsi alkohol. Penyakit ini memang tidak terjadi berbulan-bulan, namun bisa terjadi lagi. Jadi anda harus tetap waspada untuk mencegah asam urat yang dapat kambuh kapan saja.

https://lingshenyao.id/penyebab-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here