Cara Alami Mengatasi Susah Buang Angin

0
137
susah buang angin

Seputarherbal.com – Buang angin atau kentun yaitu proses alami untuk membuang gas yang menumpuk pada perut. Hal ini terjadi pada semua orang, tapi kadang kala ada orang yang susah buang angin. Bila hal itu terjadi, tentu akan merasa tidak nyaman dan akan merasakan di bagian perut.

Sering kali seseorang ingin menahan kentutnya dalam keadaan tertentu, seperti di waktu rapat atau waktu berkumpul dengan teman. Tapi kebiasaan menahan kentut ini akan menyebabkan penumpukan gas pada saluran pencernaan. Terlalu banyak gas di perut nantinya akan mengakibatkan perut kembung. Jadi gas di dalam perut harus bisa di keluarkan baik itu melalui kentut atau sendawa.

Bagaimana Cara Mengatasi Susah Buang Angin

Saat Anda  merasa susah buang angin, Anda harus segera memeriksa diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Namun, Anda juga dapat mencoba berbagai cara alami seperti mengusap-usap perut dengan gerakan searah jarum jam. Atau dengan makanan dan minuman alami yang bisa mengeluarkan gas itu dengan cepat, seperti :

  1. Sayuran (Brokili, kubis ,dan asparagus)
  2. Produk keju, eskrim dan yoghurt
  3. Makanan yang mengandung serat tinggi (gandum utuh)
  4. Kacang-kacangan
  5. Minuman Berkabonasi (minuman bersoda)
  6. Jus Buah (misal buah pir dan apel)

Adapaun Cara lainnya untuk megatasi susah buang air melalui olaharaga, yaitu dengan olahraga Yoga. Ternyata yoga bisa membantu mengatasi permasalah pada gas yang menumpuk di perut, alias susah buang angin. Gerakan-gerakan yoga ternyata selain bermanfaat untuk melatih ketengan, ternyata berguna untuk mengatasi masalah pada pencernaan.

Baca Juga : Penyebab Sakit Maag

Berikut gerakan – gerakan yoga yang bisa anda coba lakukan di rumah :

Child’s pose

Ambil posisi merangkak, lalu tarik bokong sampai ke arah belakang sampai duduk di atas tumit. Regangkan lengan ke arah depan tubuh hingga menyentuh matras. Selanjutnya, tempelkan dahi di lantai, sementara tubuh menumpu pada kaki.Terus lakukan gerakan ini sembari menarik napas dalam-dalam dan tetap dalam keadaan rileks. Lakukan secara rutin untuk mempercepat Anda buang angina.

Gerakan dasar yoga ini dapat membantu saat Anda tidak bisa kentut. Posisi ini bermanfaat untuk melemaskan pinggul hingga punggung bagian bawah sehingga dapat membantu memindahkan gas melalui usus.

Knee to chest pose

mulailah dengan cara berbaring dan angkat kaki. Tekuklah lutut sampai membentuk sudut 90 derajat kemudian tarik lutut ke arah dada hingga menempel ke dahi . Pastikan bagian lutut dan juga mata kaki pada kaki kanan dan kiri menempel. Kemudian pertahankan posisi  selama 15 sampai 60 detik dengan tujuan untuk memberikan tekanan pada perut.

Happy baby pose

Pose ini biasa dilakukan oleh bayi dengan cara menggenggam kaki mereka saat berbaring. Faktanya, gerakan yoga ini juga dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Tak hanya itu, happy baby pose juga bias bermanfaat untuk Anda yang tidak bisa kentut, lho!

Ambil posisi dengan berbaring dan angkat lutut ke sisi tubuh. Tekuk lutut  dengan telapak kaki mengarah ke langit-langit. Bila memungkinkan, pegang kaki dengan kedua tangan dan mulai tarik secara perlahan untuk menciptakan tarikan pada otot kaki dan tangan. Tahan posisi selama satu menit dan rasakan aliran gas dari perut Anda.

Seated forward fold

Lakukan posisi duduk tegak di atas lantai dengan kaki lurus ke depan tubuh, lalu bungkukkan tubuh ke arah depan. Rentangkan tangan  ke depan sejauh yang Anda bisa.Bila memungkinkan, tempelkan dahi  ke lutut tanpa harus menekukkan kaki. Hal ini bisa membantu memberikan tekanan pada perut dan mendorong gas didalamnya keluar.

Squat

Awali dengan posisi berdiri tegak dan kaki dibuka selebar pinggul. Kemudian, turunkan tubuh Anda sejauh yang Anda bisa dengan mendorong bagian punggung ke belakang, sambil naikkan lengan  lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan. Turunkan tubuh Anda seperti ingin duduk atau kea jongkok, lalu angkat sebentar dan kembali ke posisi semula.

Twist

Tidak sedikit pose  yang menggunakan gerakan twist (memutar). Gerakan ini dapat memberi tekanan pada sumbu tubuh dan dapat membantu melepaskan gas dalam tubuh. Anda bisa melakukannya sambil berbaring, kemudian menggerakkan lutut yang ditekuk ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini dianggap  meregangkan dan mengencangkan organ dalam Anda.

https://lingshenyao.id/mengobati-kista-ovarium/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here