Sit Up Untuk Melatih Otot

0
135
sit up melatih otot

Seputarherbal.com – Sit up adalah salah satu bentuk latihan yang mudah dilakukan, kapan pun dan dimana pun. Selain tidak memerlukan alat bantu, sit up juga diketahui sangat efektif dalam melatih otot-otot perut. Orang banyak berpikiran kalau sit up bisa dilakukan dengan tujuan untuk mengecilkan perut, padahal sit up tentu tidak dapat mengecilkan perut yang buncit, akan tetapi dapat membentuk otot-otot di perut. Meski demikian, sit up memiliki banyak sekali manfaat, bukan hanya untuk melatih otot-otot pada bagian perut.

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan sit up :

Membuat tubuh menjadi lebih stabil dan seimbang

Jika otot-otot perut dilatih dengan melakukan sit up secara rutin, maka segala aktivitas, seperti berlari, mengangkat kardus, dansa, bermain tenis berjalan, akan lebih mudah dilakukan, karena otot-otot pada perut menunjang segala gerakan yang dilakukan. Tak hanya itu, gerakan sit up juga berguna untuk melatih otot perut, bahu, punggung, lengan dan juga pinggul untuk bisa menghasilkan sinergi dalam membuat tubuh menjadi stabil dan seimbang.

Melatih Otot Perut

Sit up juga sangat bermanfaat jika anda ingin membentuk otot-otot yang ada di area perut. Namun, Kamu harus ingat bahwa sebelum membentuk otot perut, Kamu harus menyingkirkan dahulu lemak di perut. Karena berbeda dengan aerobic yang bisa membakar lemak di perut Kamu, sit up sangat bermanfaat dalam melatih otot-otot terutama di bagian tengah.

Membantu menurunkan berat badan

Jika anda melakukan sit up, maka sejumlah kalori dalam tubuh tentunya akan terbakar. Kalori yang terbakar berasal dari lemak yang ada dalam tubuh. Jika dihitung, berapa banyak kalori yang terbakar jika saat melakukan sit up. Jika berat badan kamu sekitar 63-65 kg, maka 200 sit up yang anda lakukan dengan tempocukup lambat (kira-kira memakan waktu 25 menit) akan membakar kurang lebih 172 kalori.

Sit up menyehatkan

Jika otot pada perut kuat, maka postur tubuh juga akan lebih baik. Jika otot perut lemah, maka akan lebih mudah mengalami cedera pada otot ataupun sakit punggung pada bagian bawah. Sit up yang dilakukan secara rutin akan mencegah terjadinya penumpukan lemak pada tubuh. Jika penumpukan lemak yang berkurang berarti kualitas tubuh dan juga kesehatan akan semakin baik.

Dan berikut adalah cara melakukan sit up yang benar

  • Pertama, tekuk lutut juga bola kaki dan tumit ditempatkan rata dengan tanah.
  • Lalu, letakkan tangan di atas bahu yang berlawanan, sehingga kedua lengan bersilangan di atas dada, atau di belakang kepala.
  • Kencangkan otot perut secara perlahan dengan menarik pusar ke arah tulang belakang.
  • Tetap menjaga agar tumit di atas lantai dan jari-jari kaki rata dengan lantai, secara perlahan angkat terlebih dahulu kepala,lalu diikuti oleh tulang belikat Anda. Dan fokuskan mata pada lutut yang ditekuk, sambil mengontraksi otot pada perut dengan lembut. Lalu tarik tubuh dari lantai sampai mencapai sudut Sembilan puluh derajat
  • Tetaplah dalam posisi ini lalu perlahan turunkan kembali tubuh Anda ke lantai dan diusahakan bagian punggung tidak menyentuh lantai.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here