Penyebab Sering Sendawa dan Mual

0
185

Seputarherbal.com – Sering Sendawa dan Mual. Sendawa pada umumnya terjadi setelah Anda makan atau minum terlalu cepat, atau akibat makan sambil berbicara. Hal tersebut menyebabkan banyak udara yang masuk ke mulut Anda. Sendawa sendiri merupakan reaksi normal tubuh yang dapat terjadi pada siapapun. Namun, sendawa sifatnya hanyalah sementara. Jika Anda mengalami sendawa terus menerus padahal tidak habis makan ataupun minum, maka bisa terjadi ini merupakan pertanda adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh Anda.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Anda sendawa secara terus-menerus bahkan disertai rasa mual. Diantaranya adalah :

  • Refluks Asam Lambung (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung adalah suatu kondisi dimana terjadinya aliran balik dari asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus).

Pada dasarnya lambung bertugas untuk memecahkan makanan yang masuk agar dapat diserap oleh tubuh. Untuk memudahkan tugasnya, maka lambung akan memproduksi asam dan enzim. Jadi zat asam yang dihasilkan lambung memang memiliki manfaat. Namun, jika jumlah asam yang dihasilkan terlalu banyak, maka dapat menyebabkan masalah pada lambung. Jika asam lambung naik sering terjadi (setidaknya dua kali dallam seminggu), maka refluks asam lambung sudah berkembang menjadi GERD.

GERD ditandai dengan perut kembung dan perih, mulas, sensasi terbakar, serta sering sendawa. Mengonsumsi makanan tertentu, peggunaan obat-obatan dan zat lainnya dapat memperparah GERD, termasuk mengonsumsi alkohol, soda, kopi, serta saus tomat.

Baca Juga : Kenali Gejala GERD Sebelum Makin Parah

 

  • Hernia Hiatal

Hernia Hiatal merupakan kondisi dimana bagian atas lambung menonjol ke bagian pembukaan diafragma. Diafragma sendiri adalah dinding otot yang memisahan lambug dengan dada, dimana Ia bertugas membantu agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Ketika Anda mengalami hernia hiatal, maka asam akan lebih mudah naik. Gejala hernia hiatal biasanya berupa sakit di dada, rasa panas dalam perut, dan sendawa tanpa henti.

Penyakit ini sering kali disebabkan oleh adanya tekanan yang intens di sekitar otot perut, seperti batuk yang kencang, refleks muntah, saat Anda mengangkat beban berat, dan mengenjan selama buang air besar. Hernia hiatal lebih sering terjadi pada wanita, orang yang kelebihan berat badan (obesitas), dan orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun.

  • Infeksi H. Pylori

Bakteri Heliobacter pylori (H. pylori) adalah penyebab utama dari tukak lambung. Bakteri ini hidup pada lapisan lendir di saluran pencernaan, sehingga menyebabkan peradangan dan iritas pada lambung dan usus halus. Infeksi ini membuat perut terasa sakit dan perih, kembung, begah, mual, kehilangan nafsu makan, sulit menelan, serta bersendawa terus-menerus.

Sembuh dari Gerd Kronis | Solusinya Obat Herbal