Beberapa Penyebab Sulit Hamil

0
79
Berbagai sebab sulit hamil

Seputarherbal.com – Bagi pasangan suami istri, memiliki momongan tentunya hal yang sangat diingainkan. Namun berbagai cara telah dilakukan , tetap saja keinginan itu belum juga terpenuhi. Walaupun sedang dalam masa subur, tapi kena masih belum hamil, sebetulnya apa yang menjadi sebab sulit hamil tersebut ?

Nah, dari pada menebak-nebak hal itu, lebih baik simak dibawah ini tentang beberapa penyebab sulit hamil :

1. Obesitas

Obesitas adalah kondisi dimana seseorang yang memiliki kalori lebih di dalam tubuhnya, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak. Jika kondisi seperti itu dibiarkan dalam waktu jangka panjang maka bisa membuat berat badan menambah. Atau dalam kata lain obesitas diartikan sebagai gemuk yang terlalu berlebihan.

Bagi pasangan suami istri obesitas merupakan faktor yang dapat menyebabkan sulit hamil, baik itu yang obesitasnya lelaki atau wanitanya. Obesitas bisa membuat tingkat kesuburan menurun, maka dari itu jagalah badan anda supaya tidak terkena obesitas.

2. Organ reproduksi bermasalah

Permasalahan pada organ reproduksi dapat dikaitkan dengan suatu penyakit yang tertanam pada organ tersebut. Pada organ reproduksi pria terdapat 30 persen yang menyebabkan sulit hamil yaitu dari sperma yang meliputi bentuk, pergerakan, dan jumlah sperma. Sedangkan 60 persen kendalanya ada pada wanita , bisa jadi itu kareena adanya sumbatan pada saluran yang menghubungkan indung telur dan rahim. Atau bisa jadi karna sel telur yang kecil atau belum matang, dan bisa jadi karena penyakit endometriosis, PCOS, dan penyakit organ reproduksi wanita lainnya.

3. Jarang berhubungan seks

Sering atau tidaknya berhubungan seks juga menjadi hal yang menentukan akan hamil atau tidaknya. Jika terlalu jarang berhubungan seks maka peluang pembuahan juga akan semakin kecil. Disarankan bagi pasutri yang akan merencanakan momongan, sebaiknya lakukan hubungan intim 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

4. Pernah melakukan kb suntik

KB suntik biasanya dilakukan bagi pasutri yang sedang menunda kehamilannya. Kb suntik adalah alat kontrasepsi hormolan jangka panjang yang memiliki efek samping. Dengan menggunakan kb suntik maka akan mempengaruhi siklus menstruasi, sehingga membuat wanita memiliki peluang yang kecil untuk hamil.

Itulah beberpa penyebab sulit hamil diantara, sekian daari artikel kali ini. Semoga beramanfaat . .

Baca Juga : Obat Miom Alami Tanpa Operasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here