Home Kesehatan Penyebab Sakit Kepala Tegang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Tegang dan Cara Mengatasinya

0
89

Seputarherbal.com – Tension headache atau sakit kepala tegang adalah rasa nyeri, sesak, serta adanya tekanan di sekitar dahi, leher, atau belakang kepala. Beberapa orang mengatakan bahwa sakit kepala ini bagaikan tengkorak kepala yang diremas. Sakit kepala ini juga dapat disebut dengan sakit kepala stres, yang kerap dialami oleh orang dewasa. Jika Anda mengalami kondisi ini kurang dari 5 hari perbulan, maka ini bisa disebut sebagai sakit kepala tegang episodik. Namun, jika kondisi ini terjadi leibh sering, maka dapat disebut sakit kepala tegang kronis.

Jenis episodik umumnya akan dimulai secara bertahap, sering terjadi di pertengahan hari hingga 30 menit. Sedangkan sakit yang kronis datang dan pergi dalam periode waktu yang lebih lama dengan rasa sakit yang mungkin lebih kuat atau mereda sepanjang hari, tetapi hampir selalu ada. Meskipun kepala Anda terasa sakit, namun kondisi ini tidak akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Pasalnya, kondisi ini tidak akan mempengaruhi penglihatan, kekuatan, ataupun keseimbangan Anda.

Penyebab Sakit Kepala Tegang

Sebenarnya tidak ada penyebab yang pasti untuk kondisi ini. Namun, sebagian besar dapat dipicu oleh stres, baik akibat pekerjaan, keluarga, sekolah, teman, atau hubungan lainnya yang membuat beban pikiran bertambah. Kondisi episodik lebih sering dipicu oleh situasi tegang yang menyebabkan stres. Ketedangan yang terjadi sehari-hari dapat menyebabkan sakit kepala tegang kronis.

Baca Juga : Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Terus Menerus

Gejala Sakit Kepala Tegang

Berikut ini beberapa gejala umum yang dapat terjadi :

  • Sakit kepala ringan hingga sedang
  • Adanya tekanan di depan, atas, atau sisi kepala
  • Sakit kepala yang muncul di pertengahan hari
  • Kesulitan untuk tidur
  • Emosi tidak stabil
  • Kelelahan
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Lebih sensitif terhadap suara-suara
  • Otot-otot tegang dan nyeri

Cara Mengobati Sakit Kepala Tegang

  • Menggunakan Obat Resep

obat resep disini adalah obat yang dapat digunakan untuk mengurangi frekuensi dan rasa sakit yang parah. Obat yang digunakan bisa berupa antidepresan dan agen anti kejang. Biasanya dokter akan membantu menentukan agen yang terbaik untuk pasien.

  • Menggunakan Obat Bebas

Ada juga orang yang mengobati sakit kepala ini menggunakan obat bebas, seperti ibuprofen, acetaminophen, atau obat kombinasi. Obat-obatan tersebut akan lebih aman jika digunakan sesuai aturan, namun apabila digunakan secara berlebihan, maka dapat membuat sakit kepala lebih parah. Hal ini dapat terjadi ketika obat ini digunakan lebih dari 2 hari setiap minggu secara rutin. Selain itu, jika Anda dalam kondisi mengandung sebaiknya Anda bertanya pada dokter mengenai obat apa yang aman untuk dikonsumsi.

  • Teknik Pengelolaan Stres

Belajar untuk mengatasi stres yang dapat memicu timbulnya sakit kepala dan cara mengetahui langkah-langkah yang harus diambil untuk menghindarinya juga merupakan strategi yang berguna untuk mengatasi kondisi sakit kepala.

Pengobatan Kista Herbal: Untuk Pengidap Endometriosis