Posisi Tidur Ibu Hamil dengan Plasenta Previa

0
6

Seputarherbal.com – Posisi Tidur Ibu Hamil dengan Palsenta Previa. Plasenta previa merupakan suatu kondisi, dimana plasenta atau ari-ari terletak di bagian bawah rahim. Pada kondisi normal, plasenta pada umumnya melekat pada bagian atas rahim dan terletak jauh dari leher rahim. Namun, pada kondisi yang tidak normal, plasenta dapat melekat di bagian bawah rahim. Kondisi tersebut berpotensi untuk menutupi jalan lahir, baik sebagian maupun keseluruhan. Plasenta previa juga dapat memicu terjadinya pendarahan berulang saat hamil, terutama ketika waktu persalinan semakin dekat.

Penyebab pasti dari plasenta previa sendiri masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, plasenta previa dapat terjadi pada wanita hamil dalam beberapa keadaan berikut :

  • Kehamilan pada usia tua, yakni usia diatas 35 tahun
  • Pernah mengalami kondisi yang sama (plasenta previa) pada kehamilan sebelumnya
  • Pernah hamil bayi kembar
  • Wanita perokok dan pengguna kokain
  • Pernah menjalankan operasi caesar atau operasi lainnya pada rahim.

Ibu hamil yang diketahui memiliki mengalami plasenta previa, dianjurkan untuk tidak melakukan pemeriksaan dalam ataupun pemasangan tampon vagina. Hal tersebut disebabkan karena, di khawatirkan akan memperbanyakk pendarahan dan menimbulkan infeksi.

Ibu hamil dengan plasenta previa harus istirahat total dengan berbaring diatas tempat tidur. Hal tersebut dapat membantu mengistirahatkan otot rahim (merelaksasi). Sebenarnya dengan banyak tidur atau istirahat di rumah dengan baik, maka hal tersebut sudah cukup dalam membantu merelaksasi otot rahim. Berikut ini, posisi tidur yang di anjurkan untuk Ibu hamil :

  • Hindari Posisi Telentang

Ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua, Ibu hamil tidak dianjurkan tidur dalam posisi telentang. Hal tersebut disebabkan karena, posisi tidur telentang dapat membuat tekanan pada pembuluh darah (yaitu aorta dan vena cava inferior) menjadi lebih besar. Tekanan tersebut dapat menghambat peredaran darah baik ke tubuh Ibu hamil maupun ke janin.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  • Menyamping ke Kiri

Sebagian ahli, menganjurkan agar Ibu hamil tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Hal tersebut bertujuan agar sirkulasi darah berjalan dengan baik, baik itu yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Tak hanya itu, tidur dengan posisi menyamping ke kiri juga dapat membuat lambung berada dalam posisi yang nyaman.

  • Menggunakan Bantal

Bantal dapat membuat posisi tidur Anda menjadi lebih nyaman, terutama untuk Ibu hamil. Bila Ibu hamil merasa sesak napas, coba letakkan bantal untuk mengganjal punggung dan kepala agar posisi badan menjadi lebih tinggi. Posisi tersebut juga dapat membantu mengendalikan asam lambung agar tidak naik.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?