Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

0
89
Pisang Berbahaya Bagi Penderita Ginjal

Seputarherbal.com – Apakah benar pisang berbahaya bagi penderita ginjal ?.Buah-buahan adalah makanan yang di butuhkan ketika orang sedang sakit, bahkan sewaktu kita di jenguk di rumah sakit pun banyak yang membawa buah-buahan. Lalu ada apa dengan pisang?

Pisang memiliki kandungan kalium yang sangat banyak, bila penderita ginjal mengosonsumsi pisang maka bisa jadi ia akan terkena hyperkalemia. Hal ini terjadi karena orang yang memiliki penyakit ginjal memiliki kadar kalium yang tinggi dalam tubuh nya dan ditambah dengan kalium yang ada pada pisang. Sehingga kadar kalium dalam tubuh menjadi berlebih, itulah sebabnya bisa terjadi hyperkalemia.

Tapi tidak semua penderita penyakit ginjal memiliki kadar kalium yang tinggi, ada juga penderita yang memiliki kalium yang kurang dalam tubuhnya. Jika penderita ginjal kekurangan kalium dalam tubuhnya, berarti ia perlu untuk mengonsumsi pisang, begitu pun sebalinya. Jadi pastikan, untuk melakukan pemeriksaan dulu, apakah anda dilarang atau boleh untuk mengonsumsi pisang.

Adapun makanan lainnya yang harus dihindari bagi penderita penyakit ginjal, antara lain

Buah – Buahan

Selain pisang ada juga buah lainya yang tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebih terutama oleh penderita penyakit ginjal. Buah itu adalah buah yang memiliki kandungan mineral, potasium dan kalium, contohnya seperti semangka, jeruk, alpukat dan pepaya.

Umbi – umbian dan Kacang – Kacangan

Umbi – umbian mengandun protein juga gula, sedangkan kacang-kacangan juga mengandung fosfor yang tinggi. Kedua makanan tersebut tentunya harus dihindari oleh penderita ginjal, selain itu kedua makanan ini juga menimbulkan rasa haus yang lumayan.

Gorengan

Gorengan pasti memiliki minyak yang berlebih dan bisa menyebabkan keracunan asam dalam tubuh, karena ginjal tidak bisa mencernanya. Disarankan untuk memilih makanan yang di kukus dan tetap perhatikan kadar mineral dari makanan tersebut.

Artikel Terkait :

Makanan yang Berkarbohidrat

Makanan ini bukan makanan yang tepat bila dikonsumsi oleh penderita ginjal, seperti contoh nasi dan ketang. Keduanya bila di konsumsi akan menimbulkan rasa haus, dan nasi juga mengandung gula yang sepantasnya harus dibatasi pengonsumsiannya.

Mungkin masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang menjadi pantangan bagi penderita ginjal. Intinya para penderita penyakit ginjal harus lebih pandai dalam memilih makanan, terutama makanan yang mengandung gula, garam dan kalium.

https://lingshenyao.id/batu-ginjal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here