Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama Asam Lambung

0
9

Seputarherbal.com – Asam lambung naik pada dasarnya merupakan suatu kondisi yang lumrah dan dialami oleh banyak orang. Lantas, apa yang dapat dilakukan sebagai upaya pertolongan pertama asam lambung? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas mengenai pengobatan alternatif asam lambung, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih jauh mengenai asam lambung itu sendiri. Asam lambung (gastric acid) adalah cairan yang terdiri dari asam hidroklorik, yang mana diproduksi didalam lambung. Asam lambung berguna untuk mencerna makanan ke lambung serta membunuh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Meski cairan asam lambung berguna untuk mencena makanan yang masuk ke lambung, tetapi apabila lambung memproduksi cairan asam tersebut secara berlebihan, maka tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, produksi asam lambung yang berlebihan dapat memicu gas berlebih di dalam perut yang menyebabkan perut kembung dan sering bersendawa. Gejala lain yang juga sering terjadi saat asam lambung naik adalah rasa terbakar di lambung atau dada atau yang dikenal dengan istilah heartburn.

Meningkatnya cairan asam lambung yang mengalir pada saluran kerongkongan (esofagus) disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Kondisi ini dapat menyebabkan korosi pada esofagus sehingga menyebabkan terjadinya luka.

Bahaya Asam Lambung Naik

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi asam lambung naik. Pasalnya, apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka dapat membahayakan organ di dalam tubuh. Di antaranya adalah :

  • Kerongkongan

Meningkatnya cairan asam lambung di dalam tubuh tentunya akan mempengaruhi kondisi kerongkongan (esofagus) Anda. Dalam kasus yang tergolong parah atau kronis, naiknya asam lambung dapat menyebabkan iritasi dan merusak saluran esofagus, sehingga akan menimbulkan luka terbuka (borok), sehingga membuat saluran kerongkongan menyempit yang pada akhirnya mengakibatkan Anda kesulitan dalam menelan makanan. Refluks asam lambung dalam jangka waktu yang panjang juga dapat mengakibatkan terjadinya Barrett esofagus. Selain itu, akibat terburuk dari asam lambung naik yang sudah kronis adalah terjadinya kanker esofagus.

  • Saluran Perapasan

Meningkatnya asam lambung juga dapat memicu terjadinya asma dan dapat memperburuk kondisi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tersebut. Refluks asam lambung yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan pengembangan bronkhitis kronis, pneumonia, hingga emphysema.

  • Pita Suara

Pita suara menjadi juga menjadi bagian tubuh yang dapat terdampak akibat asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena, refluks asam lambung juga dapat naik dari perut ke kerongkongan bagian atas dan tumpah di tenggorokan serta pita suara atau laring. Organ tersebut nyatanya lebih sensitif terhadap zat asam daripada perut dan esofagus. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya gejala seperti suara serak, sakit tenggorokan hingga batuk kronis.

  • Gigi dan Mulut

Asam lambung naik juga dapat menyebabkan mulut terasa asam atau pahit serta napas bau. Selain itu, refluks asam lambung juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi busuk. Hal ini terjadi karena kemungkinan refluks asam lambung terjadi ketika Anda dalam keadaan tidur atau dalam posisi berbaring, yang mana membuaat asam lambung dapat masuk ke mulut.

Selain itu, refluks asam lambung atau pengobatannya juga dapat membuat mulut kering serta membuat efek proteksi air liur terhadap bakteri tidak berfungsi sehingga menyebabkan gigi membusuk.

Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik

Jika asam lambung naik di saat Anda beraktivitas, maka jangan panik. Berikut ini adalah langkah pertolongan pertama untuk mengatasi asam lambung :

  • Longgarkan pakaian

Adanya tekanan pada peut dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, sebagai pertolongan pertama asam lambung naik, Anda perlu menghilangkan segala tekanan pada perut. Saat kondisi ini terjadi, sebaiknya segera longgarkan ikat pinggan, kait celana, baju yang ketata, atu halapap pun yang menyebabkan penderita makin merasa sesak.

  • Tegakkan tubuh

Posisi tubuh tertentu juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Perubahan posisi tubuh yang lebih tegak dapat membantu mengurangi tekanan pada sfingter esofagus. Sedangkan, jika saat asam lambung penderita justru berbaring atau bersandar, kemungkinan kondisinya tidak akan membaik. Oleh sebab itu, posisikan tubuh menjadi tegak ketika asam lambung naik.

  • Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga cukup efektif sebagai penolongan pertama asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur. Dengan begitu, gejala asam lambung pun akan mereda karena air liur mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Mencegah asam lambung naik sebenarnya merupakan hal yang mudah dilakukan, yakni dengan pengaturan makanan yang lebih sehat dan seimbang. Berikut ini adalah beberapa aturan pola makan yang perlu Anda perhatikan untuk membantu mencegah dan mengatasi asam lambung kambuhan, yaitu :

  • Makan lebih teratur dengan jam makan yang sama setiap hari.
  • Hindari ngemil banyak di antara aktu makan, sebab dapat membuat pencernaan kesulitan untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.
  • Perhatikan porsi makan, sebaiknya Anda makan dengan porsi sedikit tapi frekuensinya ditambah.
  • Kunyah makanan dengan benar, hal ini dapat membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan lebih cepat.
  • Hindari minum air terlalu banyak saat makan.

Alternatif Pengobatan Asam Lambung dengan Obat Herbal

Pengobatan asam lambung dengan memanfaatkan obat-obatan herbal juga menjadi cara yang patut diperhitungkan untuk mengatasi asam lambung naik atau maag kronis.

Salah satu obat herbal asam lambung yang paling ampuh dan efektif dalam mengatasi maag adalah KAPSUL METAMA. Ohat herbal kapsul metama terbuat dari 100% bahan alami berkualitas, sehingga aman untuk dikonsumsi dan hampir tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, Kapsul Metama juga telah teregistrasi di BPOM dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, sehingga kualitas dan keamanan produk terjamin. Jika Anda tertarik untuk mencoba Kapsul Metama, Anda bisa mengunjungi situs resminya disini.

Baca Juga : Harga Obat Maag Kronis, 100% Dari Ekstrak Herbal