Home Kesehatan Apa Perbedaan Wair dan Ambeien?

Apa Perbedaan Wair dan Ambeien?

0
14

Seputarherbal.com – Perbedaan Wasir dan Ambeien. Pada dasarnya, wasir dan ambeien merupakan penyakit yang sama. Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada pembuluh darah di anus atau di bagian bawah rektum. Kondisi ini disebabkan akibat diare, sembelit kronis, mengenjan terlalu keras ketika buang air besar, terlalu lama duduk di toilet, kehamilan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, penuaan, hingga batuk kronis.

Ambeien memang bukanlah penyakit yang berbahaya atau ganas seperti kanker, tetapi jangan anggap remeh kondisi ini. Pasalnya, ambeien bisa jadi berbahaya apabila tidak segera ditangani. Selain itu, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas serta kondisi kesehatan dalam jangka panjang. Penyakit wasir yang tidak segera diatasi dapat memicu terjadinya anemia yang membuat penderitanya merasa lemas, lelah, hingga sesak napas. Selain itu, wasir juga dapat menghambat pasokan oksigen ke area anus, sehingga dapat membuat jaringan di sekitar anus mati.

Dalam kasus normal, biasanya penyakit wasir seringkali tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, apabila sudah membentuk gumpalan darah, penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit. Gejala umum yang kerap dialami penderita wasir antara lain berupa gatal di sekitar anus, nyeri saat duduk dan buang air besar, munculnya darah dari rektum yang disertai rasa sakit, serta terdapat benjolan di sekitar anus.

perbedaan wasir dan ambeien terdiri dari dua jenis, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien internal biasanya terdapat di bagian dalam anus, sehingga tidak dapat dilihat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini biasanya ditandai dengan terjadinya pendarahan ketika buang air besar.

Baca Juga : Cara Mudah untuk Mengatasi Wasir

Gejala ambeien internal dikategorikan menjadi 4 tingkat, yaitu :

  • Stage 1

Pada tahap ini terdapat darah ketika buang air besar dan benjolan berukuran di sekitar anus. Kondisi ini dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan menonsumsi obat minum, topilkal, maupun suppositoria.

  • Stage 2

Pada tahap ini, terdapat benjolan yang keluar tiap kali buang air besar, namun bisa masuk dengan sendirinya tanpa memerlukan tindakan khusus. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat untuk mengurangi pembengkakan, disertai dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

  • Stage 3

Pada tahap ini, benjolan yang keluar membutuhkan tindakan untuk memasukannya kembali, dengan dorongan dari luar, sebab benjolan tidak dapat masuk secara otomatis. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri ketika buang air besar dan duduk, sehingga dibutuhkan tindakan operatif.

  • Stage 4

Pada tahap ini, terdapat benjolan keluar dan terasa sangat nyeri sekaligus berdarah. Kondisi ini juga membutuhkan tindakan operatif.

Sementara itu, ambeien eksternal terjadi di bawah kulit di area anus. Jenis ambeien dapat menimbulkan rasa sakit. Hal ini disebabkan karena bagian lubang anus memiliki banyak serabut saraf, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.

Sembuhkan 5 Gejala KISTA OVARIUM, OBAT HERBAL