Perbedaan Sel Kanker dan Sel Normal

0
73
Perbedaan Sel Normal Dan Sel Kanker

Seputarherbal.com – Sebelum mengetahui perbedaan sel kanker dengan sel normal ada baiknya mengetahui dulu, bagaimana kanker bisa muncul ?

Pada keadaan tubuh yang normal, sel tubuh manusia akan tumbuh dan membelah kemudian membentuk sel yang baru. Saat sel menjadi tua atau rusak, kemudian sel tersebut akan mati ,keluarlah sel baru sebagai penggantinya. Namun, ketika kanker berkembang, proses ini menjadi kacau.

Ketika sel dalam kondisi tidak normal, sel yang tua dan rusak tetap ada, padahal seharusnya sudah mati. Sel baru tumbuh, meskipun tidak dibutuhkan. Sel-sel ekstra ini dapat membelah terus-menerus dan membentuk pertumbuhan yang disebut tumor.

Kanker dapat membentuk tumor padat. Namun, ada pula yang tidak, misalnya kanker darah atau leukemia. Tumor kanker bersifat ganas, bisa menyebar atau menyerang jaringan di dekatnya. Ketika tumor tumbuh, beberapa sel kanker akan dapat mencapai seluruh tubuh melalui darah atau sistem getah bening.

Selain itu, ada tumor yang bersifat jinak. Tumor ini tidak menyebar atau menyerang jaringan di dekatnya. Tumor ini bisa sangat besar dan bisa diangkat melalui tindakan operasi. Ketika menderita tumor jinak, kemungkinan penderita bertahan hidup masih sangat besar. Meskipun demikian, tumor jinak yang berada di otak tetap membahayakan.

Kanker juga merupakan penyakit genetik. Artinya, kanker disebabkan oleh perubahan gen sehingga mengontrol cara sel berfungsi. Perubahan gen ini dapat diwarisi dari orang tua. Meskipun demikian, kanker juga bisa muncul akibat kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan lingkungan. Paparan tersebut bisa berupa asap tembakau atau radiasi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kista Secara Alami

Perbedaan Sel Kanker dan Sel Normal

Dari penjelasan di atas , kita akan membanding kan dari sel kanker dengan sel normal tersebut, simak penjelasannya di bawah ini  :

Kita sendiri dapat mempelajaru perbedaan dari segi karakteristiknya .

Semua organisme yang hidup pasti terdiri dari sel, organisme akan berfungsi dengan baik jika sel itu akan tumbuh dan berkembang secara terkendal. Namu sel-sel itu juga bisa tumbuh tidak terkendali, nah itu lah yang di namakan sel kanker atau sel yang tidak normal.

Untuk penjelasan lengkapnya adalah seperti ini :

  1. Reproduksi Sel : Pada sel normal , sel yang mati,rusak atau hancur akan digantikan dengan sel yang baru, dan bereprodusi secara benar dan terkendali. Tapi jika sel kanker, tidak akan bereproduksi secara benar, sel mungkin bisa bermutasi gen atau bisa mempengaruhi sifat sel yang normal menjadi rusak.
  2. Komunikasi Sel : Ketika sel masih normal, mereka akan berkomunikasi lewat sinyal kimia agar tahu kapan waktunya sel untuk bereproduksi. Sedangkan pada sel kanker mereka kehilangan kemampuan untuk komunikasi, sehingga reproduksi sel pun akan kacau.
  3. Adhesi Sel : yaitu kemampuan molekul yang dimiliki oleh sel agar mereka dapat melekat pada membra sel lainnya dan membantu sel berada tepat di lokasinya. Pada sel kanker , sel junstru akan kehilangan kemampuannya molekul adeshi nya.
  4. Spesialisasi Sel : Yaitu kemampuan khusus yang di miliki sel. Contoh jika sel normal , sel akan berkembang menjadi sel otak, jantung , sel paru-paru atau yang lainnya. Sedangakan pada sel kanker ia tidak memiliki kemampuan seperti itu.
  5. Kematian Sel : Kematian sel disini adalah kemampuan sel untuk bunuh diri. Pada keadaaan sel yang normal, jika sel rusak mereka akan bunuh diri. Sedangkan bila sel kanker rusak , mereka tidak bisa bunuh diri dan tidak akan diperbaiki oleh DNA. Kemungkinan DNA tidak bisa membaca adanya kerusakan pada sel terebut, dikarenakan akibat perubahan mutasi pada sel tersebut.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here