Ini perbedaan kelenjar getah bening dan kanker, jangan disamakan ya !!!

0
115
perbedaan kelenjar getah bening dan kanker
perbedaan kelenjar getah bening dan kanker

Perbedaan kelenjar getah bening dan kanker – Kedua kondisi ini sangat berbeda, maka jangan takut jika anda terinfeksi getah bening, belum tentu itu kanker.

Pengertian Infeksi Getah bening dan Kanker getah bening

A. Infeksi Getah Bening atau limfadenopati

Kelenjar Getah bening merupakan sistem kekebalan tubuh manusia yang berfungsi untuk membantu melawan infeksi, baik itu bakteri, virus, atau lainnya.

Jika kelenjar getah bening membengkak, itu tandanya getah bening sedang terinfeksi dan bekerja untuk melawan virus tersebut. Jika virus kalah maka getah bening yang membengkak akan kembali mengempis dengan sendirinya.

Gejala bila getah bening bengkak

Apabila getang bening terinfeksi, maka akan disertai dengan rasa sakit dan menimbulkan gejala-gejala seperti berikut :

  • Bengkak lebih dari dua minggu dan ukurannya membesar
  • Sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas
  • Kelenjar getah bening terasa keras saat ditekan
  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lema

B. Kanker kelenjar Getah Bening

Berbeda dengan infeksi getah bening yang hanya membuat bengkak. Namun pada kanker getah bening justru kanker tersebut malah menyerang kelenjar getang bening(sebagai sistem pertahanan).

Gejalanya pun lebih parah dari infeksi, antara lain :

  1. Bengkak di daerah kelenjar geah bening

Sama-sama bengkak seperti infeksi,  namun jika itu kanker maka benjolannya akan lebih dari satu atau seperti bergerombol dan tidak terasa sakit.

  1. Berkeringat di malam hari

Jika berkeringat di alam hari dan anda menyadari bahwa tidak melakukan aktivitas apapu, nampaknya perlu diwaspadai. Hal ini terjadi akibat metabolisme sel yang terganggu, dan biasanya akan disertai dengan meriang dari malam sampai dini hari, hingga tubuh terasa gatal-gatal.

  1. Demam

Demam yang terjadi pada penderita lifoma tidak akan terlalu tinggi, biasanya kisaran 37 sampai 38 derajat celcius. Demam ini akan hilang dan timbul secara tidak terduga.

  1. Sering merasa lelah

Kelelahan akan dialami oleh penderita lifome, tandanya dari nafas yang pendek dan sulit bernafas.

  1. Berat badan menurun

Jika berat badan anda menurun secara drastis lebih dari 10 persen dan setidaknya terjadi selama 6 bulan, maka anda perlu waspada. Apalagi jika hal ini terjadi tanpa sebab, bisa jadi itu kanker kelnjar getah bening.

Nah, itu tadi perbedaan kelenjar getah bening dan kanker. Jadi dapat dengan mudah dibedakan dari gejalanya. Untuk itu jika anda mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya segeralah untuk mendapatkan pertolongan medis.

Artikel Terkait :