Perbandingan Kolesterol Daging Sapi dan Kambing

0
21

Seputarherbal.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momen dimana orang-orang akan menikmati daging hasil qurban, terutama daging sapi dan daging kambing. Namun disamping semua itu, bagaimana perbandingan kolesterol sapi dan kambing? Hal ini tentunya perlu Anda ketahui agar terhindar dari kolesterol, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Di hari lebaran ini, berbagai makanan khas Indonesia dengan bahan utama daging akan disajikan untuk dinikmati bersama keluarga. Mulai dari semur, opor, gulai, rendang, yang mengandung daging sapi atau kambing.

Kedua daging tersebut memang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami mengenai kandungan gizi didalamnya, termasuk kadar kolesterol pada daging sapi maupun kambing.

Ada beberapa orang yang menganggap daging sapi akan membuat berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh naik. Ada juga yang menghindari konsumsi danging kambing, karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan gizi pada daging sapi dan daging kambing.

Baca Juga : Kadar Kolesterol Normal Bagi Pria dan Wanita

Perbandingan Daging Sapi dan Daging Kambing

Dalam 85 gram daging kambing mengandung 122 kalori, 2,6 gram lemak, dan 64 mg (miligram) kolesterol. Sementara itu, dalam 85 gram daging sapi mengandung 179 kalori, 7,9 gram lemak, dan 73,1 mg kolesterol.

Dari perbandingan diatas, Anda tentunya dapat menyimpulkan bahwa nyatanya daging sapi mengandung kolesterol, lemak, dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan daging kambing. Bahkan, kadar kolesterol yang terdapat pada daging kambing pun relatif lebih rendah dibandingkan jumlah kolesterol pada daging ayam dalam jumlah yang sama.

Tak hanya kadar kolesterolnya yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis daging lainnya, daging kambing pun memiliki kandungan gizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan zat besi pada daging sapi. Selain itu, molekul zat besi pada daging kambing pun cenderung lebih kecil, sehingga lebih mudah dicerna di dalam usus.

Berdasarkan pemaparan di atas, tentunya sekarang Anda sudah mengetahui dengan jelas bahwa ternyata daging kambing merupakan makanan sumber protein hewani yang lebih sehat dan aman bagi penderita kolesterol tinggi.

Meskipun begitu, terlepas dari apapun daging pilihan Anda maka perhatikanlah cara mengolah dan menyajikannya. Pasalnya, yang menyebabkan daging sapi atau daging kambing mengandung kolesterol yang tinggi adalah cara pengolahannya yang tidak tepat.

Obat Herbal Ampuh Sembuhkan 4 Ciri Kanker Payudara