Benarkah Buah Pepaya Bisa Sebabkan Keguguran?

0
17

Seputarherbal.com – Benarkah buah pepaya sebabkan keguguran? Dalam masa kehamilannya, banyak yang menyarankan para Ibu atau calon Ibu agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena jika salah pilih maka akan berdampak pula pada tumbuh kembang janin. Banyak orang yang menyarankan bahwa Ibu hamil tidak boleh makan pepaya.

Meskipun begitu, beberapa dokter memang memperbolehkan Ibu hamil untuk mengonsumsi pepaya dengan catatan, buah tersebut harus dalam kondisi yang benar-benar matang. Hal tersebut disebabkan karena, pepaya yang masih mentah atau pepaya muda dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Pepaya matang pada dasarnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin B, beta-karoten dan kalium yang diperlukan oleh tubuh, termasuk untuk Ibu hamil. Pepaya matang juga dapat membantu melancarkan kinerja sistem pencernaan. Namun, beberapa ahli menganggap bahwa pepaya muda tidak aman untuk dikonsumsi Ibu hamil. Hal tersebut disebabkan karena, pepaya mengandung zat aktif papain yang akan mempengaruhi pertumbuhan janin, bahkan dalam kondisi tertentu, zat tersebut dapat menghentikan pertumbuhan janin sehingga dapat menyebabkan keguguran.

Selain pepaya muda, berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan keguguran :

Baca Juga : Manfaat Belimbing Untuk Ibu Hamil

  • Nanas

Mungkin nanas sudah tidak asing lagi dalam daftar makanan yang dapat menyebabkan keguguran. Nanas diperkaya denga bromelin yang memberi efek melembutkan rahim dan menyebabkan kontraksi. Selain itu, di dalam nanas terdapat zat yang dapat menyebabkan seorang wanita hamil keguguran.

  • Telur Setengah Matang

Mungkin Anda pernah mendengar kabar bahwa Ibu hamil tidak dianjurkan untuk memakan telur setengah matang. Hal tersebut memang benar adanya, tidak hanya telur saja, akan tetapi Ibu hamil memang tidak diperkenankan untuk mengonsumsi sesuatu yang belum matang. Maka dari itu, Anda harus memasak makanan sampai benar-benar matang agar bakteri pada makanan tersebut hilang dan tidak menghambat pertumbuhan janin.

  • Kentang yang Mulai Bertunas

Kentang yang sudah disimpan lama akan mulai ditumbuhi tunas, tunas tersebut ternyata mengandung racun yang berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, kandungan solanin yang terdapat pada kentang bertunas dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin sehingga dapat meningkatkan risiko keguguran.

  • Ikan Kalengan

Ikan memang merupakan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, tak terkecuali untuk Ibu hamil. Namun, ada baiknya untuk Ibu hamil agar tidak mengonsumsi ikan dalam kaleng selama masa kehamilannya. Hal tersebut disebabkan karena, ikan dalam kaleng mengandung pengawet, garam dan bahan kimia yang dapat menaikan tekanan darah dan menyebabkan retensi air di tubuh.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?