Cara Mengatasi Diare dengan Cara Alami

0
33

Seputarherbal.com – Apakah Anda pernah mengalami diare? Diare merupakan, suatu kondisi dimana penderitanya buang air besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Hal itu disebabkan karena, ketika diare gerak peristaltik usus menjadi lebih cepat dari biasanya, sehingga buang air besar menjadi lebih encer dan dalam frekuensi yang lebih banyak. Kondisi ini biasanya hanya terjadi dalam beberapa hari saja. Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu, diare dapat berlangsung hingga berminggu-minggu. Diare bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Penyebab penyakit diare bermacam-macam, mulai dari penerapan pola hidup yang tidak sehat hingga adanya tanda penyakit serius. Akan tetapi, masih ada orang yang menganggap remeh penyakit ini. Padahal apabila penyakit ini dibiarkan terus-menerus tanpa diobati, justru akan berujung pada timbulnya komplikasi. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahas cara penyembuhan penyakit diare yang dapat Anda lakukan di rumah.

Berikut cara alami untuk mengobati diare :

  • Banyak Mengonsumsi Air Putih

Untuk mengobati diare, sebaiknya Anda mengonsumsi banyak air putih. Hal ini, bukan berarti Anda meminum banyak air putih dalam satu waktu, melainkan meminumnya dalam beberapa tahap. Anda dapat meningkatkan cairan tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 1 liter per jam selama kurang lebih satu atau dua jam. Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hati atau ginjal Anda harus membatasi asupan cairan kedalam tubuh Anda. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus atau air kadu untuk asupan cairan Anda, dan sebaiknya Anda hindari dulu minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein.

  • Mengonsumsi Bubur Wortel

Cara selanjutnya untuk mengatasi diare secara alami adalah, dengan membuat bubur ataupun sup wortel. Wortel merupakan sumber pektin yang baik untuk dikonsumsi terurama jika Anda sedang mengalami diare. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan wortel dengan sedikit air, kemudian memblendernya hingga halus.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Diare

  • Mengonsumsi Blackberry

Selain wortel, Anda juga dapat mengansumsi blackberry untuk mengobati diare. Blackberry mengandung tanin yang dipercaya dan sering digunakan sebagai media pengobatan alami. Anda dapat buah blackberry menjadi teh. Caranya adalah dengan merebus 1 sampai 2 sendok makan buah blackberry atau daun blackberry kering kedalam satu setengah gelas air selama kurang lebih 10 menit, kemudian minum airnya. Anda dapat meminum ramuan tersebut beberapa kali dalam sehari.

  • Minum Teh Hitam Manis

Teh hitam yang diseduh dengan air panas dan dipadukan dengan gula juga dapat Anda coba untuk mengatasi diare Anda. Hal tersebut disebabkan karena, air panas dapat membantu proses rehidrasi dan teh mengandung astrigen tanin yang dapat membantu meredaka peradangan usus.

Harga Obat Kista Terampuh | Diskon Sampai 15%