Pentingnya Mengetahui Penyebab Telat Haid Bagi Wanita

0
27
Sad woman with negative pregnancy test and calendar. A concept being failed to get pregnant

Seputarherbal.com – Haid atau menstruasi merupakan proses tumpahan lapisan bagian dalam dan juga darah uterus melalui vagina yang terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia baligh (subur) setiap bulan. Wanita kerap mengalami telat haid, batasan telat haid pun menjadi pertanyaan banyak wanita. Siklus normal terjadinya menstruasi berkisar antara 21 sampai 35 hari. Jika lebih dari itu, maka siklus menstruasi anda bisa dibilang tidak normal. Maka dari itu penting bagi para wanita untuk mencatat waktu terjadinya datang bulan. Selain itu, penting juga untuk wanita mengetahui penyebab telat haid. Simak macam-macam penyebab telat haid beserta solusinya berikut.

  • Baru Mengalami Menstruasi

Bagi anda para remaja yang baru pertama kali mengalami menstruasi, anda tidak perlu khawatir jika anda telat datang bulan. Hal tersebut merupakan kondisi normal. Karena ketika baru pertama mengalami menstruasi, keseimbangan hormon anda masih belum stabil sehingga siklus menstruasi anda belum normal seperti halnya perempuan yang beranjak dewasa.

  • Stress

Stress juga merupakan salah satu faktor penyebab telat datang bulan. Hal ini disebabkan karena, stress dapat mengganggu hormon, mengubah rutinitas harian anda dan mempengaruhi hipotalamus, yaitu bagian otak yang berperan mengatur terjadinya menstruasi. Sehingga stress akan mempengaruhi berat badan anda yang akan berakibat pada siklus menstruasi anda.

Jika terjadi stres atau adanya beban pikiran dalam diri anda dan berpengaruh pada menstruasi anda, ada baiknya anda mencoba melakukan relaksasi dan melakukan perubahan gaya hidup. Seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

Baca Juga : Ramuan Tradisional Untuk Melancarkan Siklus Haid

  • Obesitas

Berat badan yang berlebih (obesitas) juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan siklus menstruasi berjalan dengan tidak normal. Cara agar terhindar dari masalah tersebut adalah, anda perlu melakukan diet dan olahraga secara teratur. Anda juga dapat melakukan konsultasi ke dokter jika anda mengalami telat haid karena obesitas.

  • Kekurangan Berat Badan

Tidak hanya terjadi pada wanita yang kelebihan berat badan, wanita yang kekurangan berat badan pun bisa mengalami gangguan siklus menstruasi. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada wanita yang memiliki gangguan pada makan, seperti bulimia atau anoreksia. Hal ini disebabkan karena, berat badan yang dibawah normal dapat menghentikan ovulasi dan mengubah fungsi tubuh. Anda harus segera melakukan perawatan untuk gangguan makan dan berusaha untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat agar siklus menstruasi anda kembali normal.

  • Menopause Dini

Menopause dini umumnya terjadi pada wanita berusia 45 sampai 55 tahun. Jika menopause terjadi dibawah rentang usia tersebut, maka akan dianggap mengalami menopause dini. Hal ini disebabkan karena suplai sel telur menurun, sehingga menstruasi sering terlambat dan akhirnya berhenti.

https://lingshenyao.id/gejala-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here