Penyebab Telat Datang Bulan

0
83
Alasan Menstruasi Telat

Seputarherbal.com –  Apa Benar Haid Tak Teratur Merupakan Gejala Kanker Rahim? . Pernyataan di atas seringkali terlintas di benak para wanita. Selain itu telatnya datang bulan juga sering kali di identikan dengan kehamilan. Padahal alasan menstruasi telat bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor yang lainnya, yang tidak harus selalu di kaitkan dengan kehamilan ataupun penyakit berbahaya.

Berikut beberapa alasan menstruasi telat yang jarang di ketahui oleh para wanita :

Masalah Berat Badan

Terjadinya perubahan secara drastis, baik itu bertambah gemuk atau semakin menyusut dapat mempengaruhi pada siklus menstruasi. Jika wanita yang mengalami penurunan berat badan biasanya sedang mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia. Yang akibatnya asupan makanan dan kebutuhan hormon ekstrogenpun akan ikut menurun. Sehingga berdampak pada penurunan frekuensi ovulasi yang membuat menstruasi jadi telat atau berhenti.

Sebaliknya jika berat badan bertambah secara drastis, maka akan kelebihan hormon estrogen yang membuat dinding rahin menebal, sehinggga siklus haid akan terganggu.

Baca Juga : Ramuan Tradisional Untuk Melancarkan Siklus Haid

Terjadi Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Fungsi dari kelenjar yaitu bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh, jika fungsi kelenjar ini mengalami gangguan maka silus haid pun menjadi terganggu. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini akan menyebabkan rambut rontok, berat badan naik, dan sering merasa lelah. Adapun penyakit lain yang juga dapat menggagu siklus haid, seperti penyakit diabetes. Anda mungkin bisa mencoba ramuan tradisional pelancar haid , untuk mengatasi masalah ini.

Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat yang biasa para wanita lakukan ialah seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Hal ini tentunya menyebabkan gangguan pada menstruasi dan reproduksi, anovulasi , hingga kemandulah. Maka dari itu sebaiknya anda hindari dan segeralah utuk menjani gaya hidup sehat yang tentunya lebih bermanfaat bagi kesehatan.

Hormon Yang Tidak Seimbang

Ketidak seimbangan hormon seks dalam tubuh wanita dapat menyebabakan penyakit, yaitu Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Ini bisa jadi sangat berbahaya, karena ketidak seimbangan hormon bisa jadi itu gejala kista ovarium, sehingga anda perlu mewaspdainya.

Mungkin sebagian para wanita menganggap telat nya datang bulan adalah hal yang sepele, padahal itu bisa saja menjadi gejala dari penyakit tertentu. Lebih baik, jika anda mengalami ganguan pada siklus haid, janganlah ragu untu berkonsultasi dengan dokter.

https://lingshenyao.id/tanda-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here