Penyebab Tangan Kesemutan yang Tidak Bisa Disepelekan

0
26

Seputarherbal.com – Kesemutan merupakan suatu kondisi di mana anggota tubuh mengalami sensasi geli, kebas, atau panas, yang disertai dengan rasa seperti di tusuk-tusuk jarum. Dalam istilah medis, kesemutan disebut dengan parestesia. Lantas tahukah Anda penyebab tangan kesemutan?

Kesemutan terjadi ketika saraf-saraf di bagian tubuh tertentu mengalami penekanan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan aliran listrik pada saraf tersebut terhambat. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, namun lebih sering terjadi pada bagian kaki, lengan, atau tangan.

Selain karena adanya penekanan pada saraf, kesemutan juga dapat terjadi akibat kondisi medis. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan yang perlu Anda ketahui :

  • Neuropati Perifer

Neuropati perifer merupakan suatu kondisi yang menandakan kerusakan pada saraf tepi yang dapat menyebabkan kesemutan disertai rasa ditusuk-tusuk jarum. Kondisi ini juga menimbulkan sensasi panas atau perih pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki.

Selain kesemutan, neuropati perifer juga dapat menyebabkan kelemahan hingga kelumpuhan anggota gerak pada bagian saraf yang bermasalah.

  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome atau sindrom terowongan karpal merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kesemutan kronis di bagian tangan. Kondisi ini merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan akibat adanya penekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Gejala yang dirasakan berupa tangan kesemutan (terutama di malam hari), pergelangan tangan lemah dan terasa sakit. Penyakit ini dapat terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus, seperi menulis, mengetik, atau mengepak barang.

  • Rheumatoid arthritis

Kesemutan di bagian tangan juga dapat disebabkan karena penyakit rheumatoid arthritis atau radang sendi. Kesemutan yang dialami kian mengganggu, terutama di malam hari. Gejala lain yang timbul akibat penyakit ini antara lain adalah, sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, bentuk sendi seperti cacat, serta terasa nyeri dan kaku saat bangun tidur. Hal ini dapat berlangsung selamalebih dari satu jam.

Baca Juga : Obat Nyeri Sendi HERBAL Terampuh

  • Diabetes

Selain sindrom terowongan karpal, kesemutan kronis di bagian tangan juga dapat terjadi ketika pembuluh darah kecil terganggu. Pada dasarnya, kerusakan pada pembuluh darah yang bertugas memasok saraf di jari tangan, dapat menyebabkan kesemutan hingga mati rasa. Kondisi ini dapat menimpa orang-orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami lika tanpa merasa sakit. Seperti yang Anda tahu, bahwa luka pada penderita diabetes cenderung sulit sembuh dan dapat berkembang menjadi gangren.

OBAT CINA Kanker Serviks Terbaik di Dunia