Penyebab Sariawan yang Perlu Diketahui

0
21

Seputarherbal.com – Penyebab Sariawan di Bibir. Sariawan adalah sebuah masalah kesehatan yang pernah dialami hampir oleh semua orang. Sariawan merupakan benjolan berwarna putih yang muncul di mulut. Bila sariawan muncul di mulut, maka akan menyebabkan rasa perih yang membuat Anda kesulitan makan, minum dan berbicara. Sariawan bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya. Sariawan dapat sembuh dalam hitungan minggu. Namun, jika sariawan tidak kunjung sembuh, kemungkinan ada masalah serius sehingga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui :

  • Kerusakan pada Lapisan dalam Mulut

Sariawan dapat terjadi akibat adanya cedera atau kerusakan pada lapisan mulut bagian dalam. Hal tersebut bisa disebabkan karena tidak sengaja menggigit bibir sendiri, gigi yang terlalu tajam, mengunyah makanan yang terlalu keras, hingga efek samping memakai kawat gigi.

  • Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Sariawan juga dapat terjadi akibat dari efek samping konsumsi obat-obatan atau metode pengobatan tertentu, seperti obat anti-inflamasi nonsteroid (AINS), nicoravndil, penghambat beta, kemo terapi, dan radioterapi.

  • Infeksi Virus

Sariawan yang tiba-tiba muncul di mulut dalam jumlah yang banyak disertai dengan demam, bisa jadi disebabkan oleh virus. Pasalnya, sariawan bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit, seperti Flu Singapura yang disebabkan oleh virus coxsackie. Selain itu, virus cacar juga dapat menimbulkan gejala berupa munculnya sariawan di mulut.

  • Kurang Nutrisi

Pada dasarnya, tubuh memerlukan berbagai macam asupan nutrisi agar dapat terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Sariawan sendiri bisa terjadi ketika tubuh Anda kekurangan asupan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B12, dan zat besi.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi pada wanita. Hal tersebut dapat menyebabkan seorang wanita mengalami sariawan selama masa menstruasi. Bahkan sariawan dapat muncul secara tiba-tiba ketika seseorang merasa cemas berlebih atau stres.

  • Alergi

Alergi terhadap makanan tertentu juga dapat memicu terjadinya sariawan. Selain itu, banyak konsumsi makanan pedas atau meinuman berkafein juga dapat memicu timbulnya sariawan di mulut Anda.

  • Inveksi Virus Herpes Simpleks

Sariawan juga dapat disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. virus yang menjadi penyebab penyakit herpes itu dapat menular baik secara langsung maupun tidak langsung. Anda mungkin saja tertular virus tersebut secara tidak sengaja ketika Anda berdekatan atau memakai barang yang sama dengan penderita penyakit herpes.

Baca Juga : Begini Cara Penularan Penyakit Herpes

Harga Promo | Obat Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM