Home Kesehatan Penyakit Radang Otak dan Penyebabnya

Penyakit Radang Otak dan Penyebabnya

0
67

Seputarherbal.com – Radang otak atau ensefalitis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya peradangan pada jaringan otak akibat infeksi virus. Meskipun penyebab radang otak yang paling utama adalah virus, namun kondisi ini juga bisa disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Radang otak dapat berkembang menjadi serius saat menyerang tubuh seseorang. Bahkan, penyakit ini dapat menyebabkan seseorang mengalami perubahan kepribadian, kelemahan tubuh, dan kejang-kejang. Gejala lainnya dari radang otak dapat ditentukan oleh bagian otak mana yang terinfeksi virus, jamur, maupun bakteri.

Radang otak juga tergolong dalam penyakit langka yang dapat mengancam nyawa seseorang. Namun kasus tersebut bisa dibilang jarang terjadi sebab tidak sedikit pula penderita ensefalitis yang sembuh secara total. Sembuhnya penyakit ini umumnya ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti usia pasien, jenis virus yang menyerang, ataupun tingkat keparahan penyakit radang otak ini.

Hal yang perlu Anda waspadai adalah, penyakit ini dapat berkembang dengan cepat, sehingga membutuhkan perawatan sesegera mungkin. Bahkan, dalam kondisi yang lebih serius penyakit radang otak dapat mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan pada kemampuan berbicara, hilangnya memori, hingga kematian.

Penyebab Radang Otak

Radang otak sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni radang otak primer dan radang otak sekunder. Radang otak primer merupakan peradangan pada otak yang disebabkan oleh infeksi virus secara langsung yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakan. Sedangkan radang otak sekunder merupakan peradangan pada otak yang muncul pada bagian tubuh lainnya, yang kemudian menyebar ke otak.

Baca Juga : Ciri-ciri Kanker Otak pada Remaja yang harus diwaspadai

  • Penyebab Radang Otak Primer

Radang otak primer terjadi akibat virus ataupun penyebab lainnya menginfeksi jaringan otak secara langsung. Infeksi ini dapat berpusat di satu area saja, maupun meluas ke bagian otak lainnya. Terkadang, radang otak primer dapat disebabkan oleh jenis virus tertentu dari penyakit sebelumnya yang kembali aktif.

Jenis virus yang menyebabkan radang otak primer adalah :

  • Virus umum : Herpes Simplex Virus (HSV) dan Epstein-Barr Virus (EBV).
  • Virus dari penyakit sebelumnya : cacar air, campak, dan rubela.
  • Virus dari hewan atau Arbovirus : virus yang dibawa oleh nyamuk, kutu, dan serangga lainya.
  • Penyebab Radang Otak Sekunder

Lain halnya dengan radang otak primer yang menyerang jaringan otak secara langsung, radang otak sekunder memiliki kondisi yang berbeda. Radang otak sekunder merupakan hasil respon dari sistem kekebalan tubuh yang salah mendeteksi adanya infeksi di dalam tubuh. Alih-alih menyerang sel yang menyebabkan infeksi, sistem kekebalan tubuh ini justru menyerang sel-sel yang sehat pada otak.

HARGA OBAT Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM