Penyebab dan Gejala Penyakit Varikokel

0
12

Seputarherbal.com – Pernahkan Anda mendengar istilah varikokel? Apa penyebab penyakit varikokel? Varikokel merupakan suatu kondisi, dimana terjadinya pembengkakan pembuluh darah vena di dalam buah zakar (skrotum). Varikokel mirip dengan varises, yaitu pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki atau lebih tepatnya betis. Pembuluh darah vena membawa darah dari sel dan jaringan kembali menuju jantung, guna menukarnya dengan sel darah baru yang mengandung oksigen. Varikokel sendiri dapat terjadi pada salah satu sisi maupun kedua sisi buah zakar, dan kondisi tersebut tentunya dapat membuat buah zakar menjadi bengkak dan meregang.

Pada dasarnya, varikokel sering terjadi baik pada remaja maupun lansia bahkan dapat terjadi pada saat Anda masih anak-anak. Walaupun penyakit ini tidak akan berpengaruh pada aktivitas Anda sehari-hari, namun dapat menyebabkan ketidak suburan pada pria. Hingga saat ini tercatat sekitar 40 persen pria yang mengalami masalah kesuburan akibat mengalami varikokel.

Baca Juga : Ternyata Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Penyebab Varikokel

Varikokel umumnya terjadi akibat katup pembuluh darah vena yang tidak berfungsi dengan baik. Di sepanjang pembuluh darah vena terdapat satu arah yang berfungsi sebagai jembatan peraliran darah menuju jantung, dan katup tersebut akan menutup ketika aliran darah melambat. Varikokel sendiri terjadi saat katup tersebut tidak menutup dengan baik, sehingga mengakibatkan aliran darah berbalik dan menumpuk pada daerah sebelum rusaknya katup, lalu membentuk benjolan. Meskipun begitu, penyebab rusaknya katup pembuluh darah vena masih belum diketahhui secara pasti.

Varikokel juga dapat terjadi akibat pembuluh darah yang lebih besar di perut tersumbat, sehingga menyebabkan darah menumpuk pada pembuluh darah vena kecil, seperti halnya pada buah zakar, hal tersebut juga yang membuat pembuluh darah melebar. Akan tetapi, kondisi tersebut lebih sering ditemukan pada pria dengan usia diatas 40 tahun. Faktor yang dapat menyebabkan kondisi tersebut terjadi adalah, pertumbuhan tumor pada ginjal yang menekan pembuluh darah vena.

Gejala Varikokel

Gejala terjadinya varikokel memang sulit untuk dikenali, kebanyakan penderita penyakit ini tidak menyadari bahwa mereka mengidap varikokel, hingga dokter perlu melakukan pemeriksaan testis. Akan tetapi, seseorang dapat merasakan bahwa buah zakarnya membesar, namun tidak terasa nyeri atau panas sedikit pun. Selain itu, varikokel juga dapat menyebabkan testis mengecil akibat adanya tekanan.

Jika Anda mengalami beberapa gejala varises di testis, kemungkinan Anda akan mengalami hal-hal berikut :

  • Muncul benjolan pada salah satu sisi buah zakar.
  • Buah zakar membengkak dan terasa sakit jika ditekan.
  • Garis pembuluh darah pada testis membengkak atau bahkan terpelintir.
  • Merasakan nyeri yang timbul-hilang hingga dalam waktu yang lama.

Mungkin ada gejala-gejala lain yang diatas tidak tersebut. Apabila Anda merasakan gejala yang tidak normal dan memiliki kekhawatiran akan sesuatu, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/