Penyebab Penyakit Miom yang Perlu Anda Ketahui

0
35

Seputarherbal.com – Apa itu miom? Miom merupakan suatu jenis penyakit yang terjadi akibat sel otot rahim tumbuh secara abnormal. Miom merupakan tumor yang terbentuk di area sekitar atau di dalam rahim, namun tidak bersifat kanker (ganas). Penyakit ini adalah penyakit umum yang dialami oleh wanita. Sebagian besar wanita akan mengalami miom dalam keadaan tertentu. Risiko miom akan lebih tinggi pada wanita yang berusia 16 sampai 50 tahun (usia reproduktif).

Miom dapat tumbuh sebagai satu miom hingga sekelompok miom dan ukurannya pun beragam, yaitu 1 mm hingga 20 cm. Terdapat 4 jenis miom, yaitu :

  • Miom Intramular : Merupakan miom yang tumbuhnya hanya di dalam rahim.
  • Miom Subserosa : Merupakan miom yang tumbuh di dalam rahim dan menyebar ke bagian luar muka rahim (serviks).
  • Miom Submukosa : Merupakan miom yang berkembang di dalam lapisan rahim.
  • Miom Pedunculated : Merupakan miom yang menyebar keluar atau dalam rahim melalui tangkai kecil.

Penyebab Miom

Penyebab penyakit miom sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ilmuwan menduga bahwa penyebab terjadinya miom adalah jumlah hormon estrogen yang berlebih dalam tubuh wanita. Hormon estrogen merupakan hormon reproduksi wanita yang diproduksi oleh indung telur. Pertumbuhan miom akan mengalami penurunan ketika jumlah hormon estrogen rendah, seperti pada saat menopause. Penyakit ini juga kerap menyerang orang-orang yang kelebihan berat badan (obesitas). Sehingga para ahli menyimpulkan bahwa obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit miom.

Selain itu, miom juga dapat disebabkan melalui faktor genetik. Apabila Anda memiliki ibu, nenek atau saudara perempuan yang memiliki riwayat penyakit miom, maka risiko anda terkena miom pun lebih besar.

Baca Juga : Gejala dan Tanda Mioma Uteri yang Patut Diwaspadai

Resiko yang Meningkatkan Penyakit Miom

Hal-hal berikut ini, dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit miom :

  • Anda berada pada usia produktif, yakni 16 – 50 tahun
  • Menstruasi terlalu dini
  • Kadar hormon estrogen tidak normal, yang disebabkan oleh penggunaan obat atau kondisi medis
  • Faktor genetik (ada yang memiliki riwayat miom di keluarga)
  • Sering mengonsumsi alkohol
  • Banyak makan daging dan kurang makan sayur, buah dan susu
  • Wanita berkulit hitam.

Jika terdapat faktor lain yang dikhawatirkan berhubungan dengan penyakit miom, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter agar hasilnya lebih jelas.

Cara Mencegah Miom

Penting bagi wanita mencegah miom sejak dini. Cara yang paling efektif dan ampuh untuk mencegah penyakit miom, tak lain dan tak bukan adalah penerapan gaya hidup sehat. Bagi Anda, para wanita yang sudah pernah melakukan hubungan intim, disarankan untuk melakukan tes kesehatan minimal sekali dalam setahun. Selain itu Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan Ultrasonografi untuk memeriksa keadaan rahim dan indung telur Anda.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here