Home Kesehatan Apa Penyebab Penyakit Batu Ginjal?

Apa Penyebab Penyakit Batu Ginjal?

0
68

Seputarherbal.com – Tahukah Anda penyakit batu ginjal? Apa penyebab penyakit batu ginjal? Batu ginjal (kencing batu) atau nephrolithiasis adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya endapan keras yang terbentuk dari zat-zat yang ada pada urin (air kencing). Penyakit batu ginjal ini memiliki ukuran dari mulai kecil hingga bisa mencapai beberapa inchi.

Penyakit batu ginjal ini, lebih banyak dialami oleh orang yang berusia diatas 40 tahun. Penyakit ini bisa diatasi dengan cara mengurangi faktor-faktor yang berisiko untuk kesehatan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

batu ginjal atau kencing batu terbentuk akibat urin yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia tersebut antara lain adalah, asam urat, kalsium, sistin, atau struvite (campuran ammonium, fosfat, dan magnesium). Selain itu, melakukan diet yang tinggi protein dan kondisi tubuh yang kekurangan caian juga dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.

Baca Juga : Makanan Pantangan Penderita Penyakit Ginjal

Berikut ini empat jenis kandungan utama yang menjadi penyebab batu ginjal :

  • Tumpukan Kalsium

Batu ginjal sering kali disebabkan karena kelebihan kalsium. Hal tersebut disebabkan karena, kalsium yang diterima oleh tubuh tidak digunakan oleh tulang dan otot, melainkan mengendap di ginjal, sehingga terjadi penumpukan kalsium.

Kalsium yang mengendap tersebut kemudian bercampur dengan zat-zat lainnya untuk membentuk batu. Seseorang biasanya dapat memiliki kalsium oksalat dan fosfat, meskipun batu kalsium oksalat lebih umum.

  • Asam Urat

Batu asam urat terbentuk akibat kadar asam urat tinggi yang terdapat di dalam darah. Tingginya kadar asam urat tersebut disebabkan oleh makanan yang mengandung zat purin tinggi (seperti daging merah, beberapa jenis ikan, atau seafood), kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh, serta radanya riwayat penyakit asam urat.

  • Struvit

Batu struvit merupakan jenis batu ginjal yang dapat membesar secara cepat. Hal tersebut disebabkan karena adanya infeksi yang berlangsung lama, seperti infeksi pada saluran kemih. Jenis batu struvit lebih banyak ditemukan pada wanita dibanding pria.

  • Sistin

Batu ginjal sistin termasuk jenis batu ginjal yang paling jarang terjadi, dan penyebabnya adalah sistinuria. Penyakit keturunan ini membuat ginjal mengeluarkan asam amino berlebih.

Selain pengaruh zat-zat diatas, batu ginjal atau penyakit kencing batu juga dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik (keturunan), infeksi ginjal, dehidrasi, adanya masalah pencernaan, hingga kelebihan berat badan (obesitas).

Obat Kista Terampuh dengan Harga Diskon Hingga 15%