Penyebab Nafas Bayi Berbunyi

0
83
Penyebab Nafas Bayi Berbunyi

Penyebab Nafas Bayi Berbunyi

Seputarherbal.com – Nafas berbunyi pada bayi yang baru lahir memanglah hal yang biasa terjadi. Itu adalah pertanda bahwa paru-paru dan hidung nya masih beradaptasi dengan lingkungan baru yang berbeda saat ia di dalam lahir. Nantinya organ pernafasan bayi lama kelamaan akan menyesuaikan dengan lingkungannya yang baru. Biasanya nafas bayi berbunyi akan terjadi selama beberapa minggu dan tidak ada yang perlu di khawatirkan.

Tapi, keadaan seperti itu bisa jadi menandakan bahwa bayi sedang terserang penyakit tertentu. Penyebab nafas bayi berbunyi dan jenis bunyi nya pun bisa berbeda-beda. Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab tersebut :

Suara Melengking

Suara melengking dan bernada tinggi atau yang disebut stridor tejadi ketika beyi melakukan tarikan nafas. Hal ini disebabkan oleh saluran nafas bayi yang sempit dan lebih lunak. Kondisi ini tidaklah berbahaya dan bisanya akan hilang ketika bayi menginjak usia 2 tahun.

Suara Serak

kondisi dimana bayi mengeluarkan suara serak saat batuk dan menangis. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan lendir pada laring. Ini bisa saja bayi terkena infeksi pada laring, tabung bronkial dan tarkea.

Suara Siul

Nafas bayi bersuara menyerupai bunyi siul yang diakibatkan oleh lubang pernafasan yang tersumbat oleh lendir. Hidung bayi yang masih kecil memiliki saluran udara yang masuh kecil, sehingga bila ada susu atau lendir yang menyumbat, bisa menyebabkan udara kesulitan untuk keluar ataupun masuk. Kondisi ini tidak lah berbahaya tapi bisa jadi itu pertanda bayi terkena infeksi saluran nafas bawah maupun asma.

Baca Juga Artikel Sebelumnya :

Suara Berat

Kondisi ketika bayi sedang batuk disertai suara yang berat, Hal ini diakibatkan adanya sumbatan pada bronkus.

Nafas Sesak dan Cepat

Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh adanya cairan dalam saluran alveloi. Kejadian ini dinamakan Pneumonia, gejala yang terjadi bisa menyebabkan bayi batuk terus-terusan dan bersuara serak.

Sumber : Alodokter, https://lingshenyao.id/endometriosis/

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here