Ini Dia Beberapa Tips Mencegah Maag Agar Tidak Kambuh

0
69

Seputarherbal.com – Maag merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh bannyak orang. Maag atau tukak lambung menyebabkan nyeri lambung hingga kerongkongan. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur.

Sakit maag harus segera diatasi agar tidak sering kambuh dan mengaganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini karena maag menyebabkan rasa nyeri pada dada, sakit tenggorokan hingga bau mulut. Meskipun sulit untuk disembuhkan, anda dapat mencegah agar maag tidak kambuh. Berikut ini beberapa tips agar maag tidak sering kambuh :

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Maag

  • Makan Sedikit tapi Sering

Pola makan yang teratur bisa sangat membantu dalam mengobati maag. Makanlah di waktu yang tepat dan biasakan makan dengan porsi sedikit atau lebih kecil, hal ini dilakukan agar anda bisa makan lebih sering. Cara tersebut ampuh untuk mencegah maag kambuh, karena makanan akan lebih mudah dicerna dan mencegah naiknya asam lambung akibat perut yang terlalu lama tidak diisi. Disarankan untuk memakan makanan yang lunak dan juga tidak pedas, berlemak dan tidak mengandung kafein.

  • Jangan Berbaring Setelah Makan

Setelah selesai makan, dianjurkan untuk tidak langsung membaringkan tubuh anda. Hal ini tidak boleh dilakukan karena ketika tubuh kita dalam keadaan berbaring, asam lambung akan kembali naik ke tenggorokan sehingga membuat maag anda kambuh.

  • Minum Obat Maag

Ketika maag kambuh, minum obat maag adalah tindakan pertama untuk meredakan sakit maag. Banyak obat yang bisa anda dapatkan baik dengan atau tanpa resep dari dokter. Sebelum minum obat, baca dengan benar ketentuan dosis obat dan minumlah obat dengan ketentuan dosis yang sesuai untuk anda. Ada baiknya bila konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai obat yang anda konsumsi. Selain itu , biasakan untuk makan terlebih dahulu sebelum anda minum obat maag

  • Istirahat Cukup

Terlalu memaksakan tubuh untuk melakukan aktivitas malah akan memperparah keadaan maag. Istirahat yang cukup akan sangat membantu untuk meredakan sakit maag dan juga dapat mengurangi stres, yang memicu terjadinya maag.

https://lingshenyao.id/miom-dan-kista-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here