Penyebab Rasa Gatal Pada Keputihan

0
79
keputihan gatal

Seputarherbal.com –  keputihan dan gatal adalah masalah yang umum sering terjadi pada vagina. Keluar cairan yang disebut dengan keputihan dari vagina adalah hal yang wajar. Namun, perlu berhati-hati sebab ada keputihan yang merupakan ciri-ciri dari bahwa vagina terinfeksi. Keputihan yang tidak normal akan berwarna kuning atau hijau, teksturnyapun kental, dan memiliki bau yang tidak enak, juga rasa gatal pada vagina hal ini disebabkan oleh infeksi juga jamur biasanya merupakan gejala dari infeksi, menopause, atau iritasi zat tertentu misalnya disebabkan oleh sabun pembersih dll. Rasa gatal juga bisa disebabkan oleh gangguan pada kulit atau bahkan penyakit menular seksual. Apabila rasa gatal yang dirasa berat  dan panas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Apa penyebab keputihan pada vagina?

Keputihan yang tejadi secara normal berfungsi sebagai pelindung atau pembersih vagina. Hal yang normal ketika Anda mengalami keputihan yang disebabkan karena olahraga, gairah seksual, ovulasi, menggunakan obat kontrasepsi, dan juga stres.

Namun ada beberapa keputihan yang tidak normal yang mungkin diakibatkan beberapa hal berikut ini :

Baca juga : Mengatasi nyeri haid

Infeksi jamur

Infeksi ini merupakan infeksi yang mengakibatkan keputihan berwarna putih, seperti keju yang  lembut, selain itu juga dapat menimbulkan rasa gatal, sensasi panas dan terbakar. Kehadiran jamur di vagina adalah hal yang normal, namun ketika jamur berkembang tidak terkendali itulah yang berbahaya.

Gonore dan klamidia

Keduanya merpakan penyakit menular seksual. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah keputihan berwarna kuning, kehijau-hijauan dan kental.

Human Papillomavirus (HPV) atau kanker serviks

Penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi, biasanya juga tersebar melalui kontak seksual, yang memicu terjadinya kanker rahim. Gejalanya juga dapat berupa keputihan berwarna cokelat juga berbau tidak enak kadang disertai pendarahan.

Infeksi bacterial vaginosis

Bacterial vaginosis merupakan infeksi vagina yang terjadi disebabkan oleh bakteri anaerob yang tidak seimbang. Vagina memiliki dua bakteri yaitu bakteri baik disebut lactobacilli dan bakteri jahat disebut anaerob. Ketika terjadi bacterial vaginosis, terjadi peningkatan pada bakteri anaerob. Hal inilah yang menyebabkan keputihan menjadi kental, berbau menyengat dan amis, walaupun terkadang infeksi ini tidak menunjukkan beberapa gejala. Perempuan yang sering melakukan seks oral atau berhubungan seks dengan berganti-ganti pasangan sangat berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan gatal:

  • Iritasi

Iritasi bisa disebabkan oleh produk kecantikan seperti sabun, pewangi kertas toilet dan masih banyak lagi.

  • Penyakit kulit

Penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis juga dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan pada area genital. Eksim merupakan ruam yang dapatmuncul pada penderita asma dan juga  alergi. Ruam tersebut terasa gatal, kemerahan dan bersisik. Masalah kulit ini dapat menyebar hingga ke  area vagina. Sedangkan psoriasis adalah masalah kulit yang menyebabkan kulit bersisik, terasa gatal, dengan bercak kemerahan yang terbentuk di sepanjang kulit kepala dan sendi, hingga dapat ditemukan juga di vagina.

  • Menopause

Perempuan yang akan melewati masa menopause biasanya akan mengalami gatal pada vagina. Rasa gatal tersebut disebabkan karena penurunan kadar estrogen, sehingga memicu penipisan mukosa yang menyebabkan kering pada vagina. Dan kekeringan ini yang menyebabkan rasa gatal dan iritasi. Disarankan langsung melakukan perawatan secara teratur untuk menghindari menopause.

  • Stres

Stres fisik dan juga emosional dapat menyebabkan vagina terasa gatal dan iritasi. Stres dapat melemahkan sistem dan kekebalan tubuh Anda sehingga rentan terinfeksi dan menyebabkan rasa gatal.

https://lingshenyao.id/asal-usul-kanker/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here