Beberapa Hal penyebab terjadinya Kanker

0
123
Penyebab kanker

Penyebab kanker

Seputarherbal.com Kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia. Meski begitu penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan. Mengenal berbagai penyebab penyakit kanker bisa membantu Anda menurunkan risiko, ataupun mencegah penyakit kanker.

Kanker merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Pertumbuhan sel yang tidak awalnya terjadi di bagian angota tubuh tertentu, kemudian bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, bahkan mampu menembus dan juga menghancurkan jaringan tubuh normal lainnya. Di dunia kedokteran, terdapat lebih dari 200 jenis kanker berdasarkan jaringan tempat sel tersebut tumbuh

Kanker terjadi saat gen-gen yang bekerja untuk mengatur pertumbuhan dan juga perbaikan sel telah berubah. Perubahan ini disebabkan oleh hasil dari interaksi antara faktor gen induk dengan gen eksternal .

Berikut adalah beberapa hal penyebab terjadinya kanker :

Rokok

Salah satu faktor terbesar timbulnya penyakit kanker adalah dengan merokok. Penggunaan tembakau adalah salah satu faktor terbesar yang menjadi penyebab kanker di dunia. Penggunaan tembakau dapat menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, pancreas dan tipe kanker lainnya; Perokok pasif juga dapat terkena kanker paru-paru juga.

Lemak

Penyebab kedua penyakit kanker dalah kegemukan. Melonjaknya hormon insulin pada tubuh yang mengimbangi pertumbuhan berat badan dapat memperbesar risiko nyaris semua jenis kanker, terutama kanker ginjal, kantung empedu dan esofagus. Perempuan yang menderita obesitas cendrung dapat memproduksi hormon seks di jaringan lemak, sehingga dapat mudah terserang kanker rahim dan juga kanker payudara.

Kurang Olahraga

Orang yang jarang melakukan olahraga cenderung lebih mudah terkena penyakit kanker. Karena penelitian menunjukkan, olahraga dapat mencegah pembentukan sel tumor. Karena aktivitas tubuh yang dapat  menurunkan kadar hormon insulin dan mencegah penimbunan lemak.

Alkohol

Alkohol dapat memperbesar risiko kanker, terutama pada bagian mulut, tenggorokan dan juga esofagus. Paling berbahaya adalah kombinasi antara alkohol dan nikotin karena dapat memperbesar risiko kanker.

Produk Hewani yang Berbahaya

Daging merah bisa menjadi penyebab  kanker usus . Sejauh ini penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, Ancaman terbesar yang terdapat dari daging sapi atapun daging babi adalah karena keduanya nyaris dapat menggandakan risiko kanker. Sebaliknya jika untuk daging ikan mencegah timbulnya kanker.

Radiasi Ultra Violet

Radiasi ultra violet yang terkandung pada sinar matahari dapat  mengubah sel. Dan sebagai hasilnya adalah kanker kulit. Krim matahari memang melindungi kulit dari panasnya matahari, Tetapi ketika kulit menggelap akibat matahari berarti kulit sudah terlalu banyak menerima radiasi ultra violet. Dan berbahaya untuk kulit

Infeksi

Virus papiloma pada manusia dapat menimbulkan kanker rahim. Sementara virus Hepatitis B dan juga C dalam banyak kasus dapat merusak sel Hepatosit. Bakteri Helicobacter pylori menetap di dalam lambung dan terus mempercepat pertumbuhan pada sel kanker. Dengan mencegah infeksi virus-virus tersebut bisa dilakukan dengan cara imunisasi. Sedangkan untuk  bakteri Helicobacter pylori dapat dicegah dengan menggunakan antibiotika.

Baca juga : 7 Jenis Tanaman Anti kanker yang Dapat Menjadi Alternativ obat Kanker

Baca juga : Pengobatan Kanker Dengan Pohon Patah Tulang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here