Home Kesehatan 5 Jenis Hepatitis Beserta Penyebabnya

5 Jenis Hepatitis Beserta Penyebabnya

0
12

Seputarherbal.com – Penyebab Hepatitis. Hepatitis merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi berupa peradangan yang terjadi di organ hati. Hepatitis adalah salah satu dari sekian banyak penyakit yang menjadi ancaman bagi kesehatan. Penyakit ini menyebabkan terjadinya peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh virus sehingga mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Hati atau liver merupakan organ dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting terhadap proses metabolisme di dalam tubuh. Sementara itu, infeksi virus hepatitis dapat menyebabkan fungsi hati dalam proses pencernaan dan penyaringan zat-zat bahaya di dalam tubuh menjadi terganggu.

Terdapat 5 jenis virus hepatitis yang dapat menyerang masyarakat di berbagai belahan dunia, yakni virus hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Tak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu, hingga penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan tubuh juga dapat menjadi pemicu terjadinya hepatitis. Meskipun begitu, penyebab utana dari hepatitis di dunia adalah infeksi virus.

Penyebab Hepatitis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hepatitis dapat disebabkan karena infeksi virus. Namun, ada faktor lainnya yang menyebabkan terjadinya hepatitis. Berikut ini pembagian jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus :

  • Hepatitis A

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Hepatitis A umumnya ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi feses dari penderita hepatitis A, yang terdapat virus hepatitis A.

  • Hepatitis B

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV), yang mana dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B. Cairan tersebut bisa berupa darah, air mani, dan cairan vagina. Sehingga, jika Anda berbagi jarum suntik yang sama atau melakukan hubungan seksual tanpa pengaman (kondom) dengan penderita hepatits B, maka kemungkinan besar Anda juga akan tertular penyakit ini.

Baca Juga : Tanaman Herbal yang Mampu Melawan Kanker Hati

  • Hepatitis C

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV), yang mana juga dapat ditularkan melalui cairan tubuh, terutama ketika menggunakan jarum suntik atau melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan penderita.

  • Hepatitis D

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). Meskipun hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang jarang terjadi, namun kondisi ini tergolong serius. Virus hepatitis D sendiri tidak dapat berkembang apabila di dalam tubuh tidak terdapat hepatitis B. Penularan hepatitis D adalah melalui cairan tubuh, terutama darah.

  • Hepatitis E

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh virus hepatitis E (HEV). Penyakit ini dapat menyebar dengan mudah di lingkungan dengan sanitasi yang tidak baik, akibat kontaminasi virus hepatitis E pada sumber air.

Jual Obat HERBAL Kista Teregistrasi BPOM