Penyebab Penyakit GERD dan Cara Mengatasinya

0
35

Seputarherbal.com – Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu penyakit yang lebih dikenal dengan sebutan asam lambung. Penyebab terjadinya penyakit GERD adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus). Esofagus merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dengan lambung. Penyakit asam lambung merupakan hal lumrah dan sering terjadi pada banyak orang. Akan tetapi penyakit asam lambung ini sering diabaikan karena dianggap tidak akan menyebabkan kematian. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab dari penyakit GERD dan cara mengatasinya.

  • Penyebab Penyakit Gerd

Pada dasarnya, penyakit GERD disebabkan oleh Lower Esophageal Sphinchter (LES) yang tidak berfungsi dengan baik. LES adalah lingkaran otot bagian bawah esofagus, yang berfungsi untuk membuka jalan agar makanan atau minuman masuk ke lambung. Setelah makanan masuk ke lambung, maka LES akan kembali menutup agar asam dan makanan yang ada dalam lambung tidak kembali ke esofagus.

Apabila LES longgar dan tidak dapat menutup kembali seperti seharusnya, maka asam lambung dapat kembali keluar dari perut sehingga menyebabkan gejala GERD. Penyebab lain dari penyakit GERD adalah stres yang berlebihan, faktor genetik, kelebihan berat badan (obesitas), masa kehamilan dan penggunaan obat-obatan medis.

Gejala gerd yang paling umum adalah adanya sensasi terbakar pada bagian dada atau nyeri pada ulu hati. Sehingga Anda akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Selain itu, gejala lain yang dialami adalah kesulitan dalam menelan makanan, mulut terasa pahit atau asam dan kerongkongan terasa tidak nyaman.

Baca Juga : Bahaya! Ini Dia Dampak Buruk dari GERD

  • Cara Mengatasi GERD

cara yang paling ampuh dan paling mudah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi gejala GERD adalah dengan mengubah pola makan menjadi pola makan yang sehat dan teratur . Makanan tersebut adalah makanan yang tidak terlalu asin atau pedas, serta tidak mengandung lemak tinggi. Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, coklat), alkohol dan soda.

gerd adalah pdf

Apabila hal tersebut masih belum berhasil dalam meredakan gejala gerd yang Anda alami, maka cobalah mengonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan gejala-gejala yang dirasakan. Anda dapat mengonsumsi obat maag herbal yang ampuh untuk mengatasi gejala GERD secara alami tanpa efek samping, yaitu dengan mengonsumsi Metama. Kapsul Metama adalah obat herbal yang tebuat dari ekstrak tumbuhan alami, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Selain itu, obat ini telah teruji klinis di perguruan tinggi terakreditasi, terdaftar di BPOM dan memiliki izin edar.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/