Penyebab Batu Empedu dan Cara Mengobatinya

0
23

Seputarherbal.com – Penyebab Batu Empedu. Batu empedu merupakan batuan kecil yang berasal dari kolesterol, yang mana terbentuk di saluran empedu manusia. Sebagian besar penyakit batu empedu yang dialami tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, terkadang batuan kecil ini akan menyumbat bagian unjung empedu, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat secara mendadak. Rasa sakit ini disebut dengan nyeri kolik, dan biasanya akan berlansung selama berjam-jam.

Ukuran batu empedu sendiri nermacam-macam. Mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola pingpong. Selain ukuram, jumlah batu yang terbentuk di dalam kantung empedu pun bervariasi. Ada yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang memiliki lebih banyak.

Penyebab Batu Empedu

Terbentuknya batu empedu diduga akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun di dalam cairan empedu. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dan senyawa kimia kain di dalam cairan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami batu empedu :

  • Jenis kelamin. Wanita lebih berisiko mengalami batu empedu dibandingkan dengan pria.
  • Faktor usia. Penyakit batu empedu umumnya dialami oleh orang yang berusia diatas 40 tahun.
  • Pengaruh berat badan. Seseorang dengan obesitas atau kelebihan berat badan, lebih berisiko terkena penyakit batu empedu.
  • Dampak melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit batu empedu, karena meningkatnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon esterogen.

Baca Juga : Apa Penyebab Penyakit Batu Ginjal?

Pengobatan Batu Empedu

Kebanyakan kasus batu empedu tidak menimbulkan gejala sama sekali, sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, jika hal ini menyebabkan gejala yang cukup mengganggu atau bahkan sudah terjadi komplikasi, maka penyakit ini harus segera ditangani.

Penyakit batu empedu sendiri dapat ditangani dengan obat-obatan hingga melakukan proses operasi pengangkatan kantong empedu. Pasalnya, walaupun kantong empedu merupakan organ penting, namun tubuh manusia akan tetap bisa bertahan tanpa memilikinya. Karena, meskipun tak memiliki kantong empedu, hati akan tetap mengeluarkan cairan empedu yang berguna untuk pencernaan lemak.

Namun, mengonsumsi obat-obatan untuk meluruhkan batu empedu memiliki waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun. Selain itu, batu empedu bisa kembali kambuh setelah Anda berhenti minum obat.

Jenis operasi yang disarankan untuk kantong empedu adalah operasi ‘lubang keci’ atau yang dalam istilah medis dikenal dengan nama kolesistektomi laparoskopik. Jenis operasi ini memiliki metode yang sederhana, juga dengan tingkat risiko komplikasi yang rendah.

Resep Makanan Obat Alami Kanker Serviks