Penyebab Bayi Alergi Pada Susu Sapi

0
244
penyabab alergi susu sapi

Penyebab Alergi Susu Sapi

Seputarherbal.com – Saat bayi mulai di berikan susu formula, bayi menunjukan gejala-gejala yang sangat mengkhawatirkan. Mengapa? Mungkinkah dari makanan sehat bayi nya atau dari susu yang ibu berikan, bisa jadi. Ada dua jenis penolakan tubuh terhadap susu, yaitu terhadap alergi protein dan intoleransi laktosa.

Laktosa yaitu gula yang di produksi kelenjar susu yang terdapat pada susu sapi. Tubuh bayi dapat mencerna laktosa , dengan bantuan enzim yang bernama laktase. Jika bayi terkena intoleransi laktosa itu di karenakan pencernaan bayi yang mengalami gangguan, sehingga bayi tidak dapat memproduksi lactase dengan cukup. Jadi jika bayi mengalami intoleransi laktosa tidak akan berpengaruh pada sistem kekebelan tubuh.

Berbeda dengan alergi terhadap susu. Alergi susu dapat menyebabakan gangguan pada sistem daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena susu itu adalah penetralisir tubuh, ketika susu diminum sistem kekebalan tubuh bekerja untuk memproduksi antibodi immunoglobulin E. Tujuannya untuk menetralkan allergen tersebut, sehingga proses itu melepaskan zat kimia lainnya yang ada di dalam tubuh. Hal ini lah yang menyebabkan munculnya gejala gejala pada tubuh bayi. Itu lah yang di namakan alergi susu.

Lalu apa itu penyebab alergi susu sapi ?

Alergi susu disebabkan karena dua protein yang terkandung pada susu yaitu wey dan kasein. Dua protein ini memang sulit di hindari, apalagi banyak susu yang di olah dengan makanan lain. Penderita alergi susu kebanyakan alergi dari susu dari hewat yang menyusui. Oleh karena banyak prosuk di pasarann yang menjual susu formula dengan bahan susu sapi jadi kebanyakan alerginya berasal dari susu sapi.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kelenjar-getah-bening/

Tubuh bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untu melindungi dari virus maupun bakteri. Tetapi dengan adanya alergi susu sapi membuat tubuh tidak dapat membedakan mana protein susu dan mana yang virus atau bakteri .Apalagi saluran pencernaan bayi belum berfungsi secara sempurna sehingga protein susu sapi akan sulit untuk di cerna dengan baik.

Reaski yang di timbulkan jika bayi terkena alergi susu biasanya akan keluar berupa bitnik merah pada kulit bayi, dan ia akan merakasan gatal. Selain itu dapat mengakibatkan gangguan lainnya seperti, sakit mata pada bayi, bersin-bersin, ganggan pada hidung, dan nafas berbunyi.

Sebaiknya untuk mengatasi hal tersebut lebih baik ibu mengurangi pemberian susu sapid an teliti terhadap makanan pendamping asi. Sehingga bayi terhindar dari bahaya – bahaya yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuhnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here