Home Kesehatan Gejala dan Penyebab Penyakit Skizofrenia

Gejala dan Penyebab Penyakit Skizofrenia

0
50

Seputarhebal.com – Penyakit skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang menyebabkan penderita mengalami gangguan pada proses berpikirnya. Penderita skizofrenia tidak dapat membedakan antara khayalan dengan kenyataan, sehingga kebanyakan orang kerap menyebut penderita penyakit ini dengan sebutan “gila”. Skizofrenia juga menyebabkan penderitanya tidak memiliki kemampuan untuk mengingat, berpikir, ataupun memahami kondisi tertentu.

Jenis skizofrenia yang paling sering ditemui di tengah masyarakat adalah skizofrenia paranoid. Gejala yang dialami penderita berupa delusi (waham) dan halusinasi. Oleh sebab itu, orang yang menderita skizofrenia paranoid suka mendengar suara-suara di dalam pikiran mereka sendiri, dan juga melihat sesuatu yang tidak nyata.

Selain itu, orang yang menderita skizofrenia paranoid juga sering menunjukan perilaku kacau, di mana diri mereka sendiri tidak dapat mengendalikan perilaku tersebut. Hal ini yang menyebabkan penderita skizofrenia sering berperilaku tak pantas, sulit mengendalikan emosi, keinginan, dan hasratnya.

Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan kronis yang membutuhkan perawatan berkepanjangan untuk meringankan gejala-gejala yang dialami penderita.

Gejala Skizofrenia

Gejala skizofrenia bermacam-macam, tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Namun, ada beberapa gejala umum yang dapat terjadi pada penderita skizofrenia. Diantaranya adalah :

  • Halusinasi

Penderita skizofrenia sering kali melihat, mendengar, mencium, ataupun merasakan hal-hal yang sebenarnya tidak nyata. Penderita kerap mendengar suara yang jelas dari orang yang dikenal, maupun tidak dikenal. Suara ini dapat memberitahu penderita untuk melakukan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, seperti bunuh diri hingga membunuh orang lain.

  • Delusi

Delusi ini biasanya dialami oleh penderita skizofrenia paranoid. Gejala ini membuat penderita skizofrenia paranoid memiliki keyakinan kuat akan suatu hal yang tidak mungkin atau salah, seperti merasa bahwa orang lain akan mencelakai atau membunuhnya. Gejala yang satu ini akan berdampak pada perilaku penderita skizofrenia secara langsung.

  • Sulit untuk Konsentrasi

Pikiran yang kacau menyebabkan penderita skizofrenia  mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus terhadap suatu hal.

  • Mengucapkan Hal yang Membingungkan

Selain memiliki pikiran yang kacau, penderita skizofrenia juga sering kali mengeluarkan ucapan yang tidak masuk akal dan terdengar membingungkan.

  • Bergerak Gelisah

Beberapa penderita skizofrenia sering terlihat gelisah dan melakukan gerakan yang sama berulang kali. Meskipun begitu, terkadang mereka juga dapat terdiam selama berjam-jam (katatonik).

Baca Juga : Ciri-ciri Kanker Otak pada Remaja yang harus diwaspadai

  • Penyebab Skizofrenia

Sebenarna, hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui mengapa seseorang dapat mengalami masalah kejiwaan. Namun ada beberapa hal yang diyakini dapat memicu penyakit ini, diantaranya adalah :

  • Senyawa kimia di otak, di mana kadar seratonin dan dopamine di dalam otak tidak seimbang.
  • Perbedaan struktur otak.
  • Faktor keturunan.
  • Faktor lingkungan
  • Penyalahgunaan obat-obatan.

Obat HERBAL Kanker Kandungan TANPA OPERASI