Kurang Tidur dapat Memicu Penyakit-Penyakit Ini

0
34

Seputarherbal.com – Penyakit Kurang Tidur. Tak bisa dipungkiri bahwa tidur atau istirahat yang cukup merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang. Waktu yang ideal bagi manusia untuk tidur adalah sekitar 8 jam. Hal ini berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan segala organ yang bekerja didalamnya, serta mengembalikan tenaga yang terkuras habis akibat seharian beraktivitas.

Pada dasarnya, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Kurang tidur dapat memengaruhi segala fungsi sistem di dalam tubuh. Jika sistem di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, kurang tidur dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat terjadi ketika seseorang kurang tidur :

  • Diabetes

Salah satu akibat dari kebiasaan kurang tidur yang berbahaya adalah munculnya penyakit diabetes. Pasalnya, kurang tidur dapat memicu stres pada tubuh yang menyebabkan lepasnya hormon kortisol dan norepenepherine rang berkaitan dengan resistensi insulin. Hormon tersebut juga dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang hingga akhirnya menyebabkan diabetes atau obesitas (kelebihan berat badan).

  • Serangan Jantung

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki kebiasaan tidur buruk atau mengalami insomnia, lebih tinggi risikonya untuk terserang penyakit jantung. Bagaimanapun, tidur merupakan kebutuhan penting yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Maka dari itu, orang yang kurang tidur akan lebih rentan terkena serangan jantung.

Selain itu, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa kurang tidur juga dapat memicu peyakit berbahaya, seperti diabetes, obesitas, kanker, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, serta gangguan mental.

Baca Juga : Ini Dia Bahaya Tidur dengan Lampu Mati

  • Daya Tahan Tubuh Melemah

Saat Anda tidur, tubuh Anda akan memproduksi sitokin yang merupakan protein-protein yang berasal dari sistem kekebaln tubuh. Protein ini berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi, peradangan, hingga stres. Namun jika Anda kurang tidur, maka sitokin yang dihasilkan oleh tubuh lebih sedikit sehingga dapat menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

  • Penuaan Dini

Sering disepelekan, ternyata kurang tidur juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Pasalnya, mereka yang memiliki kebiasaan kurang tidur cenderung memiliki wajah pucat, mata bengkak dengan lingkar hitam, dan terlihat lesu. Jika dibiarkan terus-menerus, maka akan membuat kulit mengerut, serta kulit menjadi lebih kusam.

Hal ini terjadi akibat produksi hormon kortisol yang meningkat di dalam tubuh. Meningkatnya hormon kortisol dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen yang berguna untuk menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. Maka dari itu, kurang tidur dapat menyebabkan wajah Anda terlihat menua.

Obat Endometriosis Herbal: 5 Dampak Endometriosis