Home Kesehatan Penyebab dan Penanganan Penyakit Gusi Berdarah

Penyebab dan Penanganan Penyakit Gusi Berdarah

0
32

Seputarherbal.com – Penyakit gusi berdarah merupakan suatu pertanda adanya masalah pada gusi Anda. Meskipun begitu, gusi berdarah juga bisa jadi merupakan suatu pertanda dari penyakit lain yang ada pada diri Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab gusi berdarah dan cara menanganinya.

Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab utama gusi berdarah sendiri adalah adanya penumpukan plak pada garis gusi, menyikat gigi terlalu keras, infeksi, serta perubahan hormon selama masa kehamilan. Selain itu, gusi berdarah juga dapat disebabkan oleh beberapa kelainan pada rongga mulut, seperti gingivitis atau periodontitis. Gingivitis merupaja peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak di garis gusi. Kondisi ini menyebabkan plak yang menumpuk mengeras menjadi karang gigi dan berisiko menimbulkan pendarahan pada gusi. Sementara itu, periodontitis merupakan akibat dari gingivitis yang tidak diobati. Kondisi ini ditandai dengan infeksi pada gusi, tulang rahang, serta jaringan ikat yang menghubungkan gusi dan gigi.

Baca Juga : Jarang Diperhatikan, Inilah Cara Menggosok Gigi yang Benar

Pada dasarnya, gusi berdarah ataupun bengkak merupakan tanda penyakit gusi. Pasalnya, gusi terbuat dari jaringan yang halus, sehingga apabila Anda menyikat gigi terlalu keras dan dengan cara yang salah, maka akan membuat gusi merah dan berdarah. Selain itu, gusi berdarah juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini :

  • Penggunaan gigi palsu yang tidak terpasang dengan benar
  • Akibat gusi yang belum beradaptasi dengan penggunaan dental floss (benang gigi)
  • Radang gusi terkait kehamilan (pregnancy gingivitis)
  • Penggunaan obat pengencer darah
  • Kekurangan vitamin C dan vitamin K
  • Diabetes
  • Kekurangan sel keping darah atau trombosit (trombositopenia), seperti yanng terjadi pada demam berdarah
  • Gangguan pembekuan darah (hemofilia)
  • Leukimia atau kanker darah

Penanganan Gusi Berdarah

Penanganan gusi berdarah tergantung kepada penyebab yang mendasarinya. Apabila gusi berdarah disebabkan oleh gingivitis, maka dokter gigi biasanya akan melakukan scaling gigi dan root planing (perawatan saluran akar gigi). Kedua prosedur ini bertujuan untuk menghilangkan karang dan bakteri yang ada di permukaan gigi dan bagian bawah gusi. Selain itu, dokter juga akan melakukan tambal gigi dan perbaikan posisi gigi, apabila terdapat gigi berlubang atau gigi tidak rata yang membuat plak sulit untuk dibersihkan.

Sementara itu, apabila gusi berdarah disebabkan oleh periondotitis, maka scaling dan perawatan akar gigi juga akan dilakukan. Jika terdapat infeksi di dalam rongga mulut, maka dokter akan memberikan antibiotik. Sedangkan jika periondotitis yang diderita sudah parah, maka dokter dapat menjalankan beberapa prosedur bedah, seperti cangkok tulang dan cangkok jaringan lunak.

https://lingshenyao.id/obat-pencegah-kanker/