Kenali Gejala dan Penyebab Bulimia Nervosa

0
73

Seputarherbal.com – Penyakit bulimia atau bulimia nervosa merupakan suatu penyimpangan pola makan yang di mana penderita memiliki kecenderungan untuk memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi. Kondisi ini tergolong kedalam gangguan mental berbahaya yang berpotensi mengancam nyawa.

Pada dasarnya, penyakit bulimia dapat dialami oleh siapa saja, terutama wanita dewasa dan remaja yang merasa tidak puas dengan berat badan maupun bentuk tubunya. Penderita bulimia biasanya melakukan cara apapun (yang tidak sehat) untuk dapat menurunkan berat badannya. Penderita dapat mengeluarkan makanan secara paksa, baik dengan memuntahkannya maupun menggunakan obet pencahar.

Bagaimanapun, memuntahkan makanan secara paksa merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Jika Anda ingin memiliki berat badan ideal, maka sebaiknya Anda menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Akan lebih baik jika mengonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering, dengan gizi seimbang. Selain itu, batasi konsumsi cemilan dan makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi.

Baca Juga : Ini Cara Diet Yang Benar dan Cepat Berhasil

Gejala Bulimia

Gejala awal ketika seseorang menderita bulimia adalah, melakukan diet ketat dengan tidak makan sama sekali atau mengonsumsi makanan tertentu dalam porsi yang sangat sedikit. Hal ini dilakukan karena penderita takut gemuk dan merasa bahwa bentuk tubuhnya tidak bagus.

Kondisi ini dapat berlangsung terus-menerus sehingga membuat penderita kehilangan kendali ketika mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini dilakukan meskipun sebenarnya Ia tidak merasa lapar. Kebiasaan ini biasanya muncul akibat masalah emosional, seperti stres atau depresi.

Penderita juga akan merasa bersalah, menyesal, dan membeci dirinya sendiri, sehingga Ia memaksa tubuhnya untuk mengeluarkan semua makanan dengan cara apapun.

Kondisi ini juga dapat ditandai dengan kecenderungan menyendiri dan menarik diri dari lingkungan sosial, tidak mau makan ditempat umum atau bersama orang lain, dan rasa rendahnya rasa percaya diri.

Penyebab Bulimia

Untuk penyebab bulimia sendiri, sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu terjadinya bulimia, antara lain :

  • Faktor keturunan. Di mana salah satu anggota keluarga (orang tua atau saudara kandung) memiliki riwayat penyakit bulimia.
  • Faktor lingkungan sosial. Bulimia juga dapat terjadi ketika seseorang dipengaruhi oleh tekanan dan kritik dari orang-orang disekitarnya, baik mengenai bentuk tubuh, berat badan, maupun kebiasaan makan. Selain itu, memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk memiliki berat badan ideal juga dapat memicu seseorang mengalami bulimia.
  • Faktor emosional dan psikologis. Risiko terkena bulimia akan semakin meningkat ketika seseorang mengalami gangguan emosional dan psikologis, seperti gangguan stres panca trauma, rasa cemas, hingga depresi.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-jinak/