Seputar Penyakit Bronkitis

0
181
penyakit bronkitis

Seputarherbal.com – Penyakit Bronkitis, Apa itu ? Bronkitis adalah peradangan dan iritasi pada area bronkus  di paru-paru yang terkena infeksi. Bronkus yaitu sebuah pipa tabung pernapasan yang membawa oksigen ke paru-paru. Pada Bronkus terdapat sebuah dinding yang memproduksi lender seagai mekanisme pertahanan tubuh untuk menjaga dari debu atau partikel lain yang dapat menyebabkan iritasi.

Nah ketika terjadi bronkitis, Iritasi dan peradangan menyebabkan dinding bronkus mengeluarkan lendir yang lebih banyak dari biasanya. Makan tubuh akan berusaha mengeluarkan lendir yang terlalu banyak melalui proses batuk.Bila Seseorang terkena bronkitis maka akan sering mengalami batuk , adapun cara untuk mengobati batuk secara alami.

Penyakit Bronkitis di bedakan menjadi 2 yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronikitis akut menyerang semua golongan usia dan terjadinya peradangan hanyalah sementara , sedangkan bronkitis kronis menyerang pada yang berusia diatas 40 tahun dan batuk nyapun memiliki jumlah lendir yang lebih banyak.

Bronkitis juga bisa disebabkan oleh bahan yang mengiritasi seperti butiran debu, kabut asap, produk rumah tangga, amonia, asam kuat, dan klorin. Rokok merupakan salah satu penyebab bronkitis yang paling utama. Bronkitis Kronis dan Rokok sangat bertentangan . Bagi mereka yang merupakan perokok pasif dapat lebih mudah terserang bronkitis dari pada perokok aktif

Gejala Penyakit Bronkitis

Setelah anda memahami bahwa bronkitis itu bisa menular anda harus tau apa saja gejala yang harus di perhatikan agar tidak terkena bronkitis. Berikut adalah gejala yang sering terjadi, yang biasanya muncul saat mau terkena penyakit ini.

  1. Dibawah ini termasuk gejala yang mungkin tidak terlalu parah, bisa juga bisa gejala batuk saja, atau sakit biasa.
  • Sakit dada saat bernafas, ini sangat berbahaya apalagi saat melakukan tarikan nafas terasa sakit di bagian bawah tulang dada.
  • Demam, Meriang , dan Menggigil
  • Demam dan menggigil

2. Bila anda megalami gejala seperti berikut , ada baiknya segera menemui dokter.

  • Batuk yang membuat dada sakit yang persisten. Batuk ini bisa menyebabkan kantung udara dalam paru-paru rusak. Maka keadaan seperti ini jang sampai di abaikan.
  • Mengalami batuk berlendir, dan tidak sembuh lebih dari satu minggu, lendir nya menjadi tebal dan gelap, dan meningkatnya volume dahak yang disertai darah.
  • Mengalami demam lebih dari 4 hari
  • Sulit untuk bernafas , ini bisa jadi terkena bronkitis, bisa juga asma, dan penyakit jantung.Anda jugaharus mewaspadai gejala serangan jantung yang sering terjadi. Dan yang pasti jika kita sulit untuk bernafas, segeralah hubungi dokter

Baca Juga : Obat Alami Untuk Radang Tenggorokan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here