Tips yang Dapat Dicoba Sebagai Upaya Pencegahan Kista

0
22

Seputarherbal.com – Kista ovarium adalah salah satu masalah kesehatan yang menajdi musuh banyak wanita. Sebenarnya kista bukanlah penyakit yang berbahaya, namun apabila  ukurannya membesar dan pecah, maka dapat menimbulkan gejala hingga komplikasi yang serius. Banyak orang yang percaya bahwa kista dapat dicegah sejak dini dengan metode pengobatan alami. Lantas, upaya apa saja yang dapat dilakukan sebagai pencegahan kista? Simak ulasan berikut.

Pada dasarnya, kista adalah sebuah benjolan atau kantung berisi cairan yang bersifat jinak. Sementara itu, kista ovarium merupakan benjolan kista yang tumbuh di bagian ovarium atau indung telur. Setiap wanita memiliki dua buah ovarium, yakni di bagian sisi kanan dan sisi kiri rahim dengan ukuran sebesar biji kenari. Fungsi utama dari ovarium sendiri adalah untuk menghasilkan sel telur, yang mana terjadi di setiap bulan mulai dari masa pubertas hingga menopause. Selain itu, ovarium atau indung telur juga berfungsi untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Meski demikian, organ yang satu ini juga tak luput dari gangguan kesehatan, dan salah satu gangguan kesehatan yangpaling sering terjadi adalah kista ovarium.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kista ovarium juga dibagi mejadi dua jenis utama, yaitu :

  • Kista fungsional, yakni jenis kista ovarium yang menjadi bagian dari siklus menstruasi. Jenis kista ini tergolong umum terjadi dan tidak berbahaya, bahkan dapat menghilang dengan sendirinya.
  • Kista patologis, yakni jenis kista yang mengandung sel abnormal. Dalam sebagian kecil kasus, jenis kista yang satu ini dapat bersifat ganas atau kanker.

Penyebab Kista Ovarium

Munculnya kista ovarium dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam kebanyakan kasus kondisi ini merupakan bagian dari siklus menstruasi atau akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Meski merupakan pertumbuhan sel abnormal, namun Anda tidak perlu khawatir, sebab dalam kebanyakan kasus kista ovarium bersifat jinak atau non-kanker.

Penyebab lain yang diduga dapat memicu terbentuknya kista ovarium adalah akibat gagalnya folikel berovulasi, faktor genetik (turunan), serta kurangnya asupan makanan berserat.

Gejala Kista Ovarium

Hal yang perlu diwaspadai adalah, bahwa kista ovarium justru tidak menimbulkan gejala apapun yang secara spesifik pada pengidapnya. Kondisi inilah yang menyebabkan kista ovarium sering kali tidak disadari oleh pengidapnya.

Meski dalam kebanyakan kasus kondisi ini tidak menimbulkan gejala, namun dalam pada kondisi tertentu kista ovarium juga dapat menimbulkan gejala berupa nyeri di area perut atau pinggul, yang mana merupakan gejala utama yang terjadi akibat kista ovarium.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kista ovarium meimbulkan gejala, antara lain :

  • Pertumbuhan kista yang cenderung berlangsung dengan sangat cepat, sehingga menyebabkan pelebaran jaringan.
  • Kista yang mengalami ruptur atau kista pecah.
  • Terjadinya pendarahan pada kista.
  • Torsi atau kondisi di mana kista terlilit pembuluh darah.

Selain nyeri pada perut dan panggul, kista ovarium juga dapat menimbulkan gejala lain ketika ukurannya semakin besar. Gejala lain yang timbul dapat terjadi akibat adanya perubahan pada struktur tubuh, yaitu :

  • Perut bengkak, terasa penuh dan kembung.
  • Terasa nyeri di bagian bawah punggung.
  • Sulit menahan keinginan untuk buang air kecil (beser).
  • Gangguan pada sistem pencernaan.
  • Mudah kenyang meski hanya makan sedikit.
  • Kesulitan untuk buang air kecil.
  • Susah buang air besar atau sembelit.
  • Merasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Selain menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu, kista yang pecah juga dapat menyebabkan gejala yang cukup serius, yakni terjadinya pendarahan. Rasa nyeri tesebut juga dapat timbul saat melakukan kegiatan olahraga yang berat. Meski demikian, kista yang pecah tidak menimbulkan gejala seperti demam maupun gangguan pencernaan.

Pencegahan Kista

Sayangnya, hingga saat ini belum ada cara spesifik yang dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan kista ovarium. Meski demikian, risiko terjadinya penyakit ini sedikit banyaknya dapat diminimalisir dengan menjaga kesehatan ovarium dan tentunya juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kista ovarium :

1. Terapkan pola makan sehat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa pola makan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi juga dapat membantumenjaga kesehatan ovarium agar terhindar dari penyakit seperti kista ovarium. Berikut ini adalah aturan pola makan yang dapat diterapkan agar tubuh, khususnya ovarium selalu sehat, yaitu :

  • Menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Pasalnya, mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kista ovarium serta meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan risiko kanker dalam tubuh.
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein sehat untuk tubuh, seperti protein yang bersumber dari hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Perbanyak konsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, yang mana baik untuk mencegah terjadinya masalah keseimbangan hormon di dalam tubuh. Sebab, ketidakseimbangan hormon juga dapat memicu terjadinya kista.
  • Hindari kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung hormon, seperti produk kedelai.

2. Belajar Mengelola Stres

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya stres bisa jadi merupakan salah satu akar masalah atas masalah kesehatan yang Anda alami, tak terkecuali kista ovarium. Hal ini disebabkan karena stres berlebihan dapat memicu terjadinya masalah keseimbangan hormon di dalam tubuh.

3. Istirahat cukup

Selain dapat mengelola stres dengan baik, Anda juga harus membiasakan diri untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Pada dasarnya, tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukupdan berkualitas untuk mencapai keseimbangan. Jika Anda kurang tidur, maka bisa berakibat pada terjadinya gangguan metabolisme. Tak hanya itu, kurag tidur juga dapat mengganggu keseimbangan hormon yang diproduksi ovarium.

4. Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol memang merupakan kebiasaan buruk yang menjadi gaya hidup tidak sehat. Untuk Anda terutama wanita, sebaiknya hindari dan hentikan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang. Pasalnya, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu metabolisme tubuh, serta merusak kesehatan organ reproduksi Anda.

Obat Herbal Pencegah Kista Ovarium

Selain dengan menerapkan cara menjaga kesehatan ovarium sebagai upaya pencegahan kista kista di atas, Anda juga dapat mengonsuisi obat-obatan untuk membantu menjaga kesehatan organ reproduksi Anda. Salah satu pilihan yang paling tepat adalah obat herbal LING SHEN YAO. Tak hanya mencegah, Ling Shen Yao juga dapat membantu  meredakan gejala nyeri yang timbul akibat kista. Jika Anda tertarik, silahkan kunjungi situs resminya disini.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-kista/